News
·
8 Juni 2021 18:04
·
waktu baca 2 menit

Rawan Penyelundupan di Laut, Bea Cukai Batam Gelar Patroli Gabungan

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Rawan Penyelundupan di Laut, Bea Cukai Batam Gelar Patroli Gabungan (330770)
searchPerbesar
Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai (KPU BC) Batam, Susila Brata, bersama Kasubdit Patroli Dirpolairud Polda Kepri, AKBP Budhi, memberikan keterangan pers usai apel gabungan. Foto: Zalfirega/kepripedia.com.
Bea Cukai Batam bersama Polairud dan KPLP melaksanakan patroli laut bersama di perairan Kepulauan Riau, karena tengah rawan aksi penyelundupan barang ilegal.
ADVERTISEMENT
Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai (KPU BC) Batam, Susila Brata, menyebutkan kegiatan operasi patroli laut bersama adalah sarana peningkatan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai.
"Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua pekan ke depan di wilayah Kepri secara gabungan," kata Susila kepada wartawan di Pelabuhan Sekupang usai gelar apel gabungan, Selasa (8/6).
Menurutnya wilayah Kepri yang berdekatan dengan negara tetangga dan kondisi geografis lautan, memiliki ancaman serius tindak penyelundupan. Beberapa yang menjadi sorotan ialah masuknya narkoba hingga penyelundupan benih lobster yang beberapa kali telah berhasil diamankan.
"Inilah upaya kita pertama mencegah agar barang tersebut tidak masuk dan aset kita tidak keluar, sehingga upaya pencegahan dan penanggulangannya harus dilakukan secara maksimal dan berkesinambungan," kata Susila.
ADVERTISEMENT
Susila menambahkan, kerjasama yang baik antar instansi akan memudahkan dan melancarkan pelaksanaan tugas pengawasan. Seperti patroli gabungan ini, yang merupakan agenda rutin tahunan bersama instansi terkait lainnya.
"Kita berharap dengan adanya patroli bersama ini dapat meningkat kan sinergitas antara Bea Cukai dan Polri yang telah lama dipupuk," kata dia.
Di tempat yang sama Kasubdit Patroli Dirpolairud Polda Kepri, AKBP Budhi, menambahkan bahwa patroli bersama merupakan agenda yang dilakukan secara nasional.
"Jadi ini adalah kegiatan rutin yang ditingkatkan. Kita di sini dalam penegakan hukum ketika ada aksi penyelundupan di laut," katanya.
Sejauh ini, diketahui ada sederet tindak penyelundupan di laut yang berhasil digagalkan oleh Bea Cukai secara mandiri.
Dalam sinergi operasi patroli laut ini sebanyak enam kapal canggih milik Bea Cukai dikerahkan dengan 45 personil. Bergabung dengan lintas instansi.
ADVERTISEMENT