kumparan
14 Sep 2019 7:29 WIB

Sirkuit Motor Cross Permanen di Dompak Kepri Berstandard Nasional

Ujicoba sirkuit motor cros Dompak
Provinsi Kepulauan Riau, akhirnya memiliki sirkuit motor cross permanen, bahkan sirkuit ini sudah sangat layak untuk ajang pelaksanaan ivent lokal dan nasional.
ADVERTISEMENT
Sirkuit motor cross tersebut dibangun di Pulau Dompak, bersebelahan dengan Stadiun Sepak bola yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.
"Panjang lintasan sirkuit Dompak ini sepanjang 1,200 meter dengan luas keseluruhan lokasi sirkuit seluas 4 hektar," kata Ketua Korwil IMI Kota Tanjungpinang, Yova Apriazir, Jumat (13/9).
Sementara itu, pembangunan prasarana pendukung lainnya akan dilakukan pada tahun 2020 mendatang. Tak tanggung-tanggung, untuk mewujudkan pembangunan lintasan itu, Pemerintah Kepri akan menganggarkan sekitar Rp 2 miliar untuk membangun fasilitas seperti faddock, dan juga fasilitas lainnya.
"Dilokasi sirkuit Dompak ini akan dilakukan penghijauan, guna untuk lebih memaksimalkan lokasi sircuit tersebut," sebut Yova.
Dengan memiliki lintasan sirkuit ini, maka Provinsi Kepri sudah sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia yang telah lebih dulu memiliki litasan sirkuit motor cross.
ADVERTISEMENT
"Jadi inti utama panjang lintasan dan pendukung lintasan sudah sangat standar nasional sirkuit Dompak ini. Selain itu pengerjaan lintasan juga dikerjakan oleh tenaga ahli yang sengaja didatangkan dari Jogya," tuturnya.
Untuk menguji coba sirkuit ini, Yova mengatakan, pihaknya berencana akan menggelar kejuaraan motor cross tingkat nasional yang memperebutkan Piala Gubernur Kepri pada November 2019 mendatang.
Dalam lomba motor cross tersebut akan dipertandingkan mulai dari kelas 85 cc, 125 cc dan kelas 250 cc. Nantinya panitia akan mengundang pembalap motor cross nasional mulai atlit atau pembalap rengking 1 hingga 10 nasional.
"Turnamen ini nantinya akan memperebutkan total hadiah mencapai Rp 100 juta. Dan akan diikuti dari berbagai daerah di Indonesia," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Ia menambahkan, motor cross Kepri secara prestasi sudah masuk 10 besar nasional, bahkan tiap agenda dan ivent kejuaran motor cross di kelas 125 cc Kepri memiliki atlit andalan dan disegani.
"Kita akan pacu terus atlit-atlit lainnya yang memiliki bakat dan talenta yang luar biasa ini, tinggal bagaimana kita membinanya dan tentunya perlu dukungan semua pihak untuk mewujudkannya," ucapnya.
Penulis : Ismail
Editor : Wak JK
Pembangunan Sirkuit
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·