News
·
7 Juni 2021 15:18
·
waktu baca 2 menit

Tidak Ada Sobek Manual, Kini Layanan Tiket Kapal Digital Hadir di Batam

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Tidak Ada Sobek Manual, Kini Layanan Tiket Kapal Digital Hadir di Batam (227131)
Gerbang pelabuhan Telaga Punggur Kota Batam. Foto: Milyawati/kepripedia.com
Upaya memperluas digitalisasi pembayaran elektronik untuk membeli tiket penyeberangan kapal feri terus diperluas. Sekaligus mendukung program Pemerintah dalam memutuskan rantai pandemi dengan mengurangi kontak dengan uang tunai yang telah berpindah-pindah tangan yang tidak higienis.
ADVERTISEMENT
Salah satunya datang dari PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang telah menghadirkan layanan cashless hadir di Pelabuhan Telaga Punggur dan Tanjung Uban, Batam.
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan setelah sukses pada awal 2021 di lintasan Ujung-Kamal, Surabaya, dilanjutkan penjualan tiket lintasan Patimban-Panjang-Pontianak melalui Hotline WA, dan go live di Penajam, Balikpapan pada awal Mei, dan sejak 2 Juni 2021 juga telah dimulai di Telaga Punggur – Tanjung Uban, Batam. Sabtu,(5/6).

“Program digitalisasi melalui metode pembayaran ini menggunakan kartu elektronik dan dapat dilakukan mulai dari e-Money Bank Mandiri, Brizzi BRI, Tap Cash BNI, dan Flazz BCA,” jelas Shelvy.

Shelvy menjelaskan metode pembayaran yang dulunya menggunakan sobek manual, kini dimodernisasi dengan non-tunai menggunakan kartu uang elektronik yang dilakukan secara bertahap.
ADVERTISEMENT
Sejalan dengan kebijakan Kementerian Perhubungan PM No. 19 tentang Penyelenggaraan Tiket Angkutan Penyeberangan Secara Elektronik, yang akan diterapkan di seluruh lintasan dan pelabuhan yang dikelola oleh ASDP.
Pembayaran dengan non tunai atau menggunakan kartu uang elektronik, lanjutnya, menjadi salah satu opsi yang dibuka dalam program digitalisasi selain pembayaran tunai.
Biaya pemakaian Rp 0,- dan pengguna tidak dikenakan biaya pada saat pembelian tiket penyeberangan. Pengisian ulang saldo dapat dilakukan di ATM, Mobile Banking (NFC) dan Agen Lakupandai.
Dia menambahkan program tersebut membuat masyarakat semakin teredukasi untuk membeli tiket dan melakukan pembayaran dengan kartu elektronik yang prosesnya simpel, mudah dan cepat.

“Ini juga bukti bahwa dalam dua tahun terakhir ini, masyarakat telah melek dengan perubahan dan bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Perlahan namun pasti ASDP telah berhasil melakukan peningkatan taraf peradaban dalam industri penyeberangan yang modern atau yang kita narasikan ASDP is elevating civilization to the next level,” tuturnya.

ADVERTISEMENT
Sebelum membeli tiket kapal atau jasa layanan penyeberangan ASDP di Batam, dapat melakukan pengisian data secara mandiri terlebih dahulu dengan mendownload aplikasi ASDP SERU.Tersedia di Google Playstore dan iPhone Appstore.
Pelayanan ini dapat mempercepat pelayanan pengisian data diri Pengguna Jasa di loket dan meningkatkan ketepatan manifest, serta menghindari salah ketik oleh petugas. Pada aplikasi tersebut dapat diinput data pengikut maksimal 20 orang untuk 1 handphone.