Seberapa Penting Support System di Kalangan Mahasiswa?

Mahasiswi Universitas Airlangga, Fakultas Keperawatan
Konten dari Pengguna
5 Juli 2022 16:00
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kholda Rosyadah Triaji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber gambar dari shutterstock diolah pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Sumber gambar dari shutterstock diolah pribadi
ADVERTISEMENT
Sebagian orang menganggap bahwa bisa mencapai jenjang perkuliahan adalah sebuah kebanggaan tersendiri karena masa bangku kuliah dianggap dapat melahirkan sejarah dan pemimpin-pemimpin bangsa. Selain itu, mahasiswa juga dianggap sebagai agent of change di kancah nasional maupun internasional. Mereka berperan aktif sebagai penggerak yang dapat mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak ke arah yang lebih baik. Mahasiswa merupakan harapan bangsa yang dapat melanjutkan perjuangan bangsa untuk mencapai sebuah kemajuan.
ADVERTISEMENT
Istilah mahasiswa dapat digunakan pada individu yang saat ini sedang menempuh pendidikan pada jenjang perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Lalu, Pernahkah Anda membayangkan diri sebagai seorang mahasiswa? Pernahkah Anda berpikir bahwa kehidupan seorang mahasiswa itu begitu bebas, menyenangkan, dan terhindar dari banyaknya tekanan? Ya benar, kehidupan seorang mahasiswa sangatlah bebas dan menyenangkan.
Namun, perlu diketahui bahwasanya seorang mahasiswa pasti memiliki rintangan tersendiri yang harus dilalui seperti culture yang sangat berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya, tuntutan untuk hidup jauh dari keluarga, lingkungan pertemanan yang makin menyempit, tugas yang lebih banyak hingga kesibukan organisasi dan kepanitiaan. Hal-hal itulah yang mengakibatkan sebagian dari mahasiswa merasakan kesepian, kelelahan fisik, tertekan, stres, hingga tak sedikit dari mereka yang mengalami depresi. Namun, nyatanya hal tersebut sangat normal dirasakan oleh anak perkuliahan.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi hal itu, mahasiswa perlu memiliki seseorang sebagai support system dalam hidupnya. support system merupakan sebuah kata yang digunakan untuk menggambarkan dukungan sosial yang terdiri dari beberapa orang yang telah dipercaya sebagai tempat untuk mengutarakan keluh kesah dan tempat mencari bimbingan dari orang terdekat. Selain itu, support system juga memiliki beberapa manfaat bagi mahasiswa diantaranya :
  1. Memperbaiki kesehatan mental : dukungan yang diberikan support system bisa membuat kita lebih bahagia dan kuat ketika menjalani situasi yang sulit dalam kehidupan perkuliahan.
  2. Mengurangi stres : tidak hanya membantu memberikan kekuatan ketika menghadapi situasi yang sulit, kehadiran support system juga bisa membantu menghibur saat kita sedang berada dalam kesedihan. Sebuah penelitian menemukan bahwa dukungan dari support system yang kuat pada masa krisis mampu menurunkan risiko mengalami gangguan mental, seperti stres setelah trauma.
  3. Meningkatkan motivasi : dukungan dari support system akan memberikan motivasi terutama saat sedang berhadapan dengan suatu masalah yang membuat seseorang sampai kehilangan motivasi. Selain itu, support system juga bisa memberikan dorongan untuk terus melakukan hal-hal yang positif. Sebagai contoh, saat seseorang sedang mencoba untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti self harm, support system bisa membantu mengingatkan dan menambah motivasi.
ADVERTISEMENT
Support system bisa didapatkan dari keluarga, teman, sahabat, maupun pacar. Jika memiliki seorang teman ataupun keluarga yang sedang mengalami kesusahan, kita dapat membantu dengan berperan sebagai support system mereka. Berikut, beberapa cara yang dapat diberikan seorang support system sebagai bentuk dukungan pada mahasiswa yang mengalami stres dan banyak tekanan:
1. Selalu memberikan semangat dan apresiasi : salah satu langkah untuk memberikan support kepada mahasiswa dapat dilakukan secara langsung dengan memberikan semangat dan apresiasi pada mereka. Hal ini akan membuat mereka merasa didukung dan dicintai sehingga mereka akan merasa puas dan bangga pada dirinya sendiri.
2. Mendukung hal-hal positif yang mereka lakukan : mendukung segala hal positif yang mereka lakukan merupakan salah satu bentuk dukungan dari support system yang efektif bagi mahasiswa, karena dapat membuat mereka merasa dihargai dan didukung dalam menjalankan aktivitasnya.
ADVERTISEMENT
3. Tidak menjatuhkan pendapat atau tindakannya : mahasiswa sering kali merasa takut serta tidak percaya diri akan pendapat serta tindakan yang telah mereka lakukan. Oleh karena itu, kita sebagai support system dapat melakukannya dengan cara tidak menjatuhkan serta memotivasinya dengan kata-kata yang baik dan bijak sehingga mereka akan jauh lebih baik dari sebelumnya serta dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada diri mereka.
Mahasiswa adalah harapan bangsa. Sudah sepatutnya kita mendukung dan memberi mereka ruang dan support. Untuk itu, support system bagi mahasiswa sangatlah penting, karena dukungan dari orang-orang terdekat dapat membuat seseorang bangkit dari titik terendahnya serta dapat memotivasi seseorang untuk melakukan perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·