Pencarian populer

Makgeolli, Minuman Beralkohol Khas Korea

Arak Beras ‘Makgeolli’ (Foto: hansik)

Kecintaan orang Korea akan minuman beralkohol memang tidak perlu diragukan lagi. Menjadi salah satu bagian dari budaya, kebiasaan minum orang Korea juga berpengaruh terhadap banyaknya jenis minuman disana.

Sebut saja soju, maekju sampai makgeolli menjadi minuman alkohol favorit orang Korea. Kali ini Koreachobo akan membahasa mengenai Makgeolli, minuman beralkohol yang dibuat dari beras.

Yuk simak!

Berwarna putih pekat, Makgeolli merupakan minuman alkohol tradisional khas Korea. Rasanya yang segar didapatkan dari bahan utamanya yaitu, beras. Beras yang digunakan mulai dari beras manis, beras biasa hingga gandum dan malt. Makgeolli dibuat dengan memfermentasikan beras-beras tersebut hingga Suljigemi (sebutan untuk ampas beras) mengendap didasar wadah.

Makgeolli sendiri memiliki banyak nama. Mulai dari Takju yang berarti ‘minuman keras berawan’, Nongju yang berarti ‘minuman keras para petani’, Baekju yang memiliki arti ‘minuman keras putih’ sampai Dongdongju atau Bueuiju yang berarti ‘anggur dengan butiran beras mengambang’. Fakta mengenai Makgeolli yang memiliki berbagai nama sebutan berbeda menunjukkan popularitasnya sebagai minuman alkohol favorit orang Korea.

Memiliki kandungan alkohol 5 sampai 6 persen, Makgeolli juga terkenal memiliki kandungan nutrisinya. Selain mengandung air dan alkohol, Makgeolli juga mengandung 2 persen protein, 0,8 persen karbohidrat, 0,1 persen lemak dan 10 persen serat makanan bersamaan dengan vitamin B dan C, lactobacili, dan ragi. Dengan kandungan ini, Makgeolli juga punya satu sebutan tambahan lainnya. Sebutan itu tidak lain merupakan ‘harta karun nutrisi’. Menarik ya!

Sumber:

Hansik

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: