Pencarian populer

Mengintip Tempat Tinggal Kaisar Gojong, Unhyeongung

Rumah masa kecil Kaisar Gojong dari Kekaisaran Han Raya. Pada akhir abad ke-18, Korea memproklamirkan perubahannya menjadi negara kekaisaran. Perubahan tersebut tidak lain berada di bawah perintah Kaisar Gojong. Hal tersebut kemudian membuat nama Kaisar Gojong tercatat penting dalam sejarah Korea.

Selain beberapa perubahan yang dibuat oleh Kaisar Gojong pada masa kepemimpinannya, cerita mengenai keluarga dan tempat tinggal Kaisar Gojong juga turut menjadi perbincangan.

Kaisar Gojong sendiri yang bukan merupakan keturunan langsung dari raja sebelumnya, Raja Cheoljong. Meskipun begitu, Kaisar Gojong yang memiliki nama lahir Yi Myeongbok merupakan salah satu keturunan Keluarga Yi yang dianggap memiliki hubungan dengan kerajaan. Saat masih muda Kaisar Gojong tinggal di Unhyeongung, sebuah perumahan untuk keluarga kerajaan.

Kali ini Koreachobo akan membahas mengenenai Unhyeongung, rumah masa kecil Kaisar Gojong. Yuk simak!

Unhyeongung berada di ibu kota Seoul, tepatnya terletak di dekat Kantor Polisi Jongno dan Pusat Kebudayaan Jepang yang ada di Korea. Dari rumah sederhana, di bawah perintah Ibu Suri Jo, rumah masa kecil Kaisar Gojong di sulap menjadi rumah kerajaan dengan 4 gerbang.

Musim gugur di Korea Selatan (Foto: dok: Aji Surya)

Rumah Kaisar Gojong kecil ini juga merupakan rumah dari Keluarga Yi. Sang ayah, Yi Haeung atau yang dikenal dengan Haeungseon Daewongun tinggal di rumah ini. Pada mas kolonial Jepang dan Perang Korea, rumah ini mengalami kerusakan. Pada akhirnya, Unyeongung yang dilihat pada masa kini terlihat lebih kecil dari pada megahnya rumah kerajaan pada masa lalu.

Saat memasuki gerbang utama, pengunjung akan di sambut dengan Sujiksa. Sujiksa merupakan area perumahan untuk pelayan dan penjaga. Berbentuk ruangan berjejer di sebelah kanan gerbang. Lalu di bagian depan terdapat Norakdang.

Norakdang merupakan tempat untuk pelaksanaan acara penting seperti ulang tahun, upacara dan pernikahan. Salah satunya pernikahan Kaisar Gojong dan pasangannya, Permaisuri Myeongseong.

Norakdang sendiri juga merupakan tempat untuk perempuan. Dengan bagian dapur yang digunakan sebagai persiapan untuk menjamu di acara penting. Di bagian kiri Norakdang terdapat Irodang, gedung utama dari Unhyeongung. Irodang merupakan tempat istri Heungseon Daewongun tinggal.

Kemudian ada Noandang yang menjadi tempat tinggal para laki-laki. Tempat ini juga merupakan lokasi Heungseon Daewongun saat menyambut tamu-tamutnya. Noandang menjadi saksi bisu dari seluruh pekerjaan Heungseon Daewongun sebagai ayah dari Kaisar Gojong.

Nah jadi itulah rumah masa kecil Kaisar Gojong. Untuk informasi tentang Korea lainnya, nantikan terus di Koreachobo!

Sumber: Visit Korea

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: