Pencarian populer

Kisah Park Yeonmi, Warga Korea Utara yang Kabur dari Negaranya (1)

Butuh perjuangan berat untuk keluar dari Korea Utara.

(Sumber Foto: One Young World)

Pada 2014 lalu, pidato seorang perempuan berperawakan mungil berhasil viral di seluruh dunia. Perempuan dengan hanbok (baju tradisional Korea) berwarna merah muda tersebut menyampaikan beratnya perjalanan dirinya untuk lepas dari kungkungan negara diktator, Korea Utara. Dengan uraian air mata, gadis bernama Park Yeonmi tersebut berhasil mengunggah dunia dengan pidatonya. Sebenarnya siapa Park Yeonmi?

Park Yeonmi merupakan perempuan yang lahir di Korea Utara pada 1993. Ia mulai dikenal dunia sejak menyampaikan pidatonya pada One Young World 2014 Summit yang dilaksanakan di Irlandia. Dalam pidatonya Park Yeonmi menyampaikan pengalamannya sebagai warga Korea Utara yang kabur.

Park Yeonmi lahir dan tumbuh hingga remaja di Korea Utara. Dalam kesempatan yang sama, dalam pidatonya ia menceritakan mengenai keadaan Korea yang keras. Park Yeonmi mengaku menjadi saksi ketika salah satu ibu dari temannya dieksekusi karena kedapatan menonton film Hollywood. Kemudian pada 2002, giliran ayahnya sendiri yang dihukum penjara selama 17 tahun karena melakukan perdagangan ilegal.

(Sumber Foto: Koreaboo)

Saat masa hukuman, sang ayah yang dipenjara mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan. Ia dipukuli, disiksa serta kelaparan dan kehausan. Setelah 3 tahun masa hukuman sang ayah berhasil keluar dari penjara, namun saat itu ternyata sang ayah didiagnosa menderita kanker.

Park Yeonmi dan sang ibu mencoba kabur dari Korea Utara pada 2007, setelah sang kakak Park Eunmi yang berusia 16 tahun memutuskan untuk menyebrangi batas negara bersama temannya tanpa mengabari keluarganya sendiri. Park Yeonmi yang saat itu berusia 13 tahun kemudian pergi bersama sang ibu saja, sang ayah memutuskan tinggal untuk meminimalisasi resiko.

Untuk bagian selanjutnya, nantikan terus di Koreachobo!

Sumber:

Koreaboo

SBS

Independent

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23