Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Bisnis Lintas Budaya

Mahasiswi Jurusan Akuntansi Universitas Pamulang
Konten dari Pengguna
25 November 2022 21:35
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Krisyer Pina Pakpahan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam dunia kerja khususnya untuk mereka yang terlibat di dunia bisnis internasional untuk mencapai kesuksesan di tengah semakin berkembangnya pasar di era globalisasi seperti sekarang ini.
Ilustrasi komunikasi bisnis lintas budaya. Gambar dari freepi
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi komunikasi bisnis lintas budaya. Gambar dari freepi
Dengan memahami perbedaan budaya adalah suatu keterampilan penting bagi suatu perusahaan untuk berkembang secara cepat dalam rangka memiliki keuntungan yang besar dalam dunia bisnis berskala internasional.
ADVERTISEMENT

Apa itu Komunikasi Bisnis Lintas Budaya?

Menurut Tian Guang dan Dan Trotter (2012) komunikasi bisnis lintas budaya adalah komunikasi bisnis diantara konsumen atau antara konsumen yang berbeda budaya dengan pemasar paling tidak pada salah satu aspek dasar budaya seperti bahasa, agama, norma-norma sosial, nilai-nilai, pendidikan, dan gaya hidup.
Ilustrasi komunikasi bisnis lintas budaya. Gambar dari freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi komunikasi bisnis lintas budaya. Gambar dari freepik

Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Bisnis Lintas Budaya

Ada lima cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi bisnis lintas budaya yaitu sebagai berikut:
1. Jaga etika atau memahami etiket budaya lain
Misalnya Anda memiliki rekan kerja yang berasal dari luar negeri, maka Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana etiket budaya mereka.
Jika biasanya orang luar negeri akan merasa tidak nyaman ketika belum kenal dan langsung membicarakan hal yang pribadi seperti usia. Maka sebaiknya Anda menghindari pembicaraan dengan topik yang cukup pribadi jika belum terlalu mengenal rekan kerja Anda.
ADVERTISEMENT
2. Jangan menggunakan slang words atau bahasa gaul
Saat Anda berada di tempat kerja dan harus melakukan komunikasi lintas budaya, sebaiknya hindari penggunaan slang words.
Karena slang words dapat menimbulkan kebingungan saat Anda berkomunikasi dengan rekan kerja yang berbeda budaya.
3. Menjadi pendengar yang baik
Sebaiknya saat rekan kerja Anda berbicara, jadilah pendengar yang baik karena itu menandakan bahwa Anda menghargai mereka. Anda juga dapat mengajukan beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa apa yang disampaikan dan apa yang Anda dengar sepaham.
4. Bersikap lebih terbuka
Supaya komunikasi bisnis antarbudaya dapat terjalin dengan baik, maka ada baiknya jika Anda lebih terbuka atau open-minded saat menghadapi seseorang yang memiliki latar budaya berbeda dengan Anda.
ADVERTISEMENT
Karena dengan begitu maka akan lebih mudah memahami komunikasi dari rekan kerja yang lain.
5. Gunakan bahasa yang sederhana
Saat bekerja di perusahaan atau di suatu organisasi yang sudah go international pastinya Anda dituntut untuk mengerti dengan bahasa asing. Oleh karena itu agar komunikasi berjalan dengan efektif maka sebaiknya menggunakan bahasa yang sederhana, yang mudah dipahami oleh rekan kerja Anda. Maka dengan begitu komunikasi dapat dikatakan berjalan dengan baik.
Dengan mempelajari komunikasi bisnis lintas budaya dapat membantu Anda beradaptasi dalam setiap budaya, khususnya jika seseorang berhubungan dengan orang yang memiliki budaya berbeda.