Fitur Aplikasi kumparan
13 Oktober 2020 13:38

Fitur Collection di Aplikasi kumparan yang Bikin Kamu Lebih Jernih

Fitur Collection di Aplikasi kumparan yang Bikin Kamu Lebih Jernih (79354)
Ilustrasi Orang Gelisah. Foto: Shutterstock
Katakanlah kamu sedang gelisah. Tidak bisa tidur. Bukan karena rindu seseorang, tapi rindu nge-mal. Kamu gelisah karena sekarang jelas bukan waktu yang tepat untuk nongkrong bersama teman-teman yang asyik, sementara kamu sudah bosan setengah mati nonton film di rumah, sesekali memandangi tembok yang itu-itu saja.
ADVERTISEMENT
Satu yang bisa mengakhiri kegelisahanmu: vaksin. Kalau ada vaksin, masyarakat Indonesia bakal kebal dari COVID-19. Kamu dan teman-temanmu bakal bebas nongkrong lagi di manapun kamu mau.
Maka kamu gatal untuk tahu sampai sejauh mana pengembangan vaksin itu. Beberapa pertanyaan tentu saja berputar-putar di kepalamu: Kapan vaksin sudah mulai bisa diproduksi? Apakah negara kita akan memproduksi sendiri? Atau lebih bergantung pada impor? Harganya bakal mahal, dong? Gimana caranya supaya saya bisa dapat vaksin secepatnya?
Celakanya, begitu kamu mencari jawaban semua pertanyaan itu di Google--seperti hampir semua orang yang terkoneksi dengan internet di bumi ini, tak jarang yang muncul di pencarian teratas bukanlah artikel yang kamu butuhkan. Bahkan bisa jadi yang muncul justru situs-situs yang diragukan kebenarannya.
ADVERTISEMENT
Atau kamu menemukan artikel dari situs tepercaya. Lalu, kamu berharap menemukan semua jawaban di satu artikel itu. Dan tentu saja kamu tidak menemukan semua yang kamu mau, lalu kamu memaki: ARTIKEL KENTANG! NANGGUNG BANGET!
Kamu harus googling lagi untuk menemukan jawaban yang kamu pikir seharusnya sudah ada di artikel sialan tadi. Kamu marah-marah. Energi menipis. Kemampuan otakmu untuk menyerap informasi yang penting demi kenyamanan tidurmu malah berkurang.
Pada saat itulah kamu perlu tahu fitur aplikasi kumparan yang bernama Collection.
Fitur Collection di Aplikasi kumparan yang Bikin Kamu Lebih Jernih (79355)
Collection kumparan. Foto: kumparan
Di fitur ini, kamu bisa menemukan artikel-artikel kumparan yang relevan dengan topik yang kamu minati. Semua dipilih oleh redaksi kumparan untukmu.
Jadi, misalnya kamu ingin menyembuhkan kegelisahan dengan menjawab sebanyak-banyaknya pertanyaan tentang vaksin. Buka aplikasi kumparan. Lalu pilih “Collection”. Sudah? Sekarang di kelompok teratas kamu akan melihat “Pilihan Redaksi”. Di situ ada collection “Menunggu Vaksin COVID-19”.
Fitur Collection di Aplikasi kumparan yang Bikin Kamu Lebih Jernih (79356)
Detail Collection kumparan. Foto: kumparan
Sekarang, klik judulnya. Kamu akan melihat intro collection ini. Boleh kok di-skip. Nah, di bawahnya ada tombol penting: “Subscribe Collection”. Kalau kamu mengklik tombol itu, kamu akan mendapat notifikasi setiap ada artikel baru yang ditambahkan ke collection itu. Jadi kamu nggak bakalan ketinggalan update.
ADVERTISEMENT
Lalu, di bawah tombol subscribe, kamu akan melihat jumlah artikel yang ada di collection itu. Di sebelah jumlah itu, ada pilihan “Terlama” dan “Terbaru”. Kalau kamu sama sekali nggak update dan ingin tahu perkembangan vaksin ini dari awal banget, pilih “Terlama”. Tapi kalau kamu sudah lumayan menguasai isunya dan hanya ingin tahu update terbaru, pilih “Terbaru”.
Sekarang, kamu bisa binge-reading sepuasnya tentang isu ini tanpa harus repot-repot pergi ke banyak situs. Semoga pertanyaan-pertanyaanmu tentang vaksin terjawab dan kamu bisa segera tidur nyenyak.
Fitur Collection di Aplikasi kumparan yang Bikin Kamu Lebih Jernih (79357)
Ragam Collection kumparan. Foto: kumparan
Oh ya, satu lagi. Collection di kumparan punya banyak kategori. Soal vaksin tadi masuk dalam kategori “Top News”--tentang isu-isu terkini yang menurut kami penting diketahui. Selain “Top News”, ada kategori “Konten Eksklusif”. Yang ini juga layak kamu baca. Ada banyak tulisan mendalam yang dihasilkan tim Liputan Khusus kumparan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada “Bisnis”, “Entertainment”, dan lain-lain (termasuk “Moms” buat kamu yang ingin lebih banyak tahu soal parenting). Silakan jelajahi sendiri.