Fitur Aplikasi kumparan
13 Oktober 2020 14:27

Gado-Gado Konten di Aplikasi kumparan

Gado-Gado Konten di Aplikasi kumparan (293475)
Sepatu bayi korban Lion Air JT-610. Foto: kumparan
Dari atas kapal nelayan pada 29 Oktober 2018, wartawan kumparan Melisa Ester Lolindu memungut puing-puing pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Tangannya mengangkat sebuah sepatu kecil berwarna merah. "Sepatu bayi. Siapa tahu keluarga kenal balita bersepatu ini," kata Melisa.
ADVERTISEMENT
Liputan Melisa yang dikemas dalam bentuk berita video berjudul Pencarian Bangkai Pesawat Lion Air JT-610 | Eksklusif kumparan itu menjadi salah satu video yang paling banyak ditonton di kumparan.
"Penayangan berita berbentuk video memungkinkan pembaca langsung tahu bagaimana suasana di perairan Karawang pada saat itu, bagaimana pemandangan puing-puing pesawat yang berserakan, hingga menyaksikan apa saja yang ditemukan Melisa selaku reporter bersama nelayan yang membawanya ke tengah laut," kata Ikhwanul Khabibi, Kepala Peliputan kumparan, Rabu (16/9).
Selain berformat video, konten-konten di kumparan dikemas dalam berbagai macam bentuk: Teks, foto, hingga ilustrasi seperti komik. Maka, meme pun ada di kumparan.
Gado-Gado Konten di Aplikasi kumparan (293476)
Konten satu. Foto: kumparan
Bukan cuma itu. kumparan juga menjadi platform media yang dapat membuka polling, giveaway, hingga donasi.
Gado-Gado Konten di Aplikasi kumparan (293477)
Konten dua. Foto: kumparan
Pada Pemilihan Umum Presiden 2019, jauh sebelum hari pemungutan suara, kumparan menggelar polling hingga empat kali. Tiga polling di antaranya dibuka usai debat calon presiden digelar. Tak ayal puluhan ribu pembaca kumparan telah berpartisipasi antara memilih pasangan capres Joko Widodo-Ma'ruf Amin atau Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
Gado-Gado Konten di Aplikasi kumparan (293478)
Pertemuan Rasilu (tengah) dengan keluarga di Rumah Tahanan kelas IIA, Ambon. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Kendati berbadan besar dan kekar, Hamirun tak kuasa menahan tangis saat bertemu adiknya, Rasilu, di ruang tahanan Lembaga Pemasyarakatan Ambon pada 22 Maret 2019. Rasilu merupakan tukang becak yang dianggap bersalah karena penumpangnya meninggal.
ADVERTISEMENT
Kisah Rasilu menyentuh banyak hati pembaca. Ketika kumparanderma membuka donasi untuknya, total sumbangan mencapai Rp 771 juta.
kumparanderma memang menjadi fitur unggulan yang memungkinkan donasi dilakukan langsung di dalam kumparan. Setiap donasi yang dibuka telah melalui verifikasi wartawan sehingga pembaca tidak perlu ragu lagi atas keabsahan peristiwanya.
"Bila pembaca mau more action, dalam hal ini berdonasi, kumparan memungkinkannya," kata Dhini Hidayati, Kepala Kolaborasi kumparan. "Hasil donasi pun disampaikan dengan transparan dalam bentuk berita."
Seperti gado-gado, kumparan memiliki banyak format konten. Teruslah bersama kumparan, siapa tahu ada giveaway untukmu.