Fitur Aplikasi kumparan
14 Oktober 2020 15:26

Mengenal AI Personalisasi Konten untuk Pembaca kumparan

Mengenal AI Personalisasi Konten untuk Pembaca kumparan (60855)
searchPerbesar
Homepage kumparan. Foto: kumparan
Dunia online adalah sebuah rimba raya. Chaotic, tumpang-tindih, anarkis, dan tanpa rambu-rambu yang jelas. Kita sendiri yang harus pintar-pintar memilih dan memilah yang diperlukan dan inginkan. Kita sendiri yang harus bernegosiasi dengan segala kerumitan yang dihadirkan dunia online agar nyaman berselancar di dalamnya.
ADVERTISEMENT
kumparan sangat mengerti akan persoalan ini.
Itu sebab dari sejak awal kehadirannya kumparan menghadirkan teknologi personalisasi atau Personalization Algorithm Technology (PAT) lewat machine learning. Semacam peta untuk memudahkan dan membuat nyaman pengguna kumparan ketika masuk ke situs kumparan. Agar pengguna kumparan bisa mendapatkan apa yang mereka ingin dan perlukan tanpa harus repot-repot diserbu oleh hal-hal yang tidak menjadi ketertarikan.

Apa itu personalisasi?

Teknologi ini bekerja berdasarkan data-data yang dikumpulkan dari kebiasaan pengguna, mulai dari artikel dengan topik yang sering dibaca, termasuk jam berapa konten dibuka, berapa lama suatu artikel dibaca, dan lain sebagainya. Kemudian, algoritma akan menampilkan artikel yang sesuai preferensi pengguna selama mengakses aplikasi kumparan. Ini artinya, konten yang muncul di homepage akan lebih relevan dengan kebutuhan, minat, dan kegemaran kita.
ADVERTISEMENT
Misal, kamu sering membaca berita tentang sains atau teknologi, maka berita yang bakal muncul di barisan paling atas halaman muka berasal dari topik sains dan teknologi tersebut. Dengan begitu, kamu dimungkinkan lebih cepat mengetahui berita terkini seputar topik yang diminati.
Mengenal AI Personalisasi Konten untuk Pembaca kumparan (60856)
searchPerbesar
Laman For You. Foto: kumparan
Pengelompokkan artikel-artikel kumparan ke dalam sejumlah channel juga merupakan bentuk otomatisasi tersebut. Jadi, berita yang diunggah dengan topik News akan secara otomatis ke channel News, atau topik Mom akan otomatis masuk ke channel Mom.
Mengenal AI Personalisasi Konten untuk Pembaca kumparan (60857)
searchPerbesar
Pengaturan Personalisasi. Foto: kumparan
Kamu juga bisa kustomisasi channel-channel tersebut sehingga yang muncul di homepage paling atas adalah kanal yang kamu pilih. Ini bisa diatur saat kamu pertama kali masuk aplikasi kumparan. Beberapa channel yang bisa kamu pilih di antaranya, News, Entertainment, Mom, Food & Travel, Tekno & Sains, Otomotif, Woman, Bola & Sports, Bisnis, dan Opini & Cerita.
ADVERTISEMENT
Saat ini, kumparan menjadi satu-satunya media di Indonesia yang menggunakan teknologi personalisasi. Teknologi ini diharapkan mampu memberikan pengalaman baru dalam menikmati konten berkualitas bagi jutaan pengguna kumparan di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Teknologi dengan fitur-fitur canggih juga turut dimanfaatkan kumparan untuk memaksimalkan kualitasnya.