2021, Kemenhub Jamin Tidak Ada Lagi Antrean KRL di Stasiun Manggarai

9 Oktober 2019 18:40 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Penumpang turun dari gerbong KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
zoom-in-whitePerbesar
Penumpang turun dari gerbong KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
ADVERTISEMENT
Para penumpang arah Bogor atau Bekasi tentu merasakan lamanya menunggu KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai. Ini disebabkan karena kapasitas tampung Stasiun Manggarai saat ini masih terbatas, sehingga KRL Commuter Line yang masuk harus bergantian dengan Kereta Jarak Jauh dan Kereta Bandara.
ADVERTISEMENT
Tetapi hal ini tidak akan dirasakan lagi di tahun 2021. Sebab, kapasitas Stasiun Manggarai akan diperbesar. Jumlah rel yang diperuntukkan KRL Commuter Line juga ditambah.
“Iya, target 2021 masuk ke Manggarai sudah terpisah jalurnya. Kalau seperti ini nanti akan ada peningkatan layanan. Antrean-antrean yang ada sekarang bisa diminimalisir atau diusahakan tidak ada sama sekali lah,” tegas Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Supandi kepada kumparan, Rabu (9/10).
Sejumlah warga hendak menunggu gerbong KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Supandi mengungkapkan akan ada pembangunan jalur lagi di Stasiun Manggarai. Jalur antara tujuan ke Bekasi dan Bogor akan dipisah. Hal itu bisa membuat jarak antara satu kereta dan kereta lainnya tidak terlalu jauh. Perjalanan KRL Commuter Line pun makin cepat.
ADVERTISEMENT
Head way KRL bisa semakin kecil di KRL Bekasi Line, sekarang kan masih agak jauh karena terbagi dengan KA jarak jauh toh. Nanti ke depannya dia sendiri, mungkin bisa nanti sama kayak yang Bogor,” ungkap Supandi.
Rencananya akan ada 3 renovasi yang dilakukan di Stasiun Manggarai. Pertama upgrade jalur yang sudah ada, lantai 1 dijadikan ruang pelayanan termasuk penjualan tiket, dan lantai 2 akan dibuat 10 jalur. Total akan ada 18 jalur di Stasiun Manggarai yang bisa dilewati KRL, Kereta Bandara, dan Kereta Jarak Jauh.