kumparan
4 Juni 2018 12:39

3 Jam, 400 Kg Daging Sapi Rp 77 Ribu/Kg di Pasar Murah Kemendag Ludes

Daging Sapi Rp 70 Ribu per Kg di Pasar Kemendag (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Kementerian Perdagangan menggelar Bazar Ramadhan mulai hari ini hingga 4 Juni 2018. Harga produk pangan dan sembako yang dijual di Bazar Ramadhan juga lebih murah dibandingkan rata-rata harga di pasaran.
ADVERTISEMENT
Salah satu yang menjadi perhatian di Bazar Ramadhan kali ini adalah daging sapi yang dijual oleh PT Agro Boga Utama. Perusahaan tersebut menjual daging sapi hanya Rp 77 ribu/kg atau lebih murah dari rata-rata harga jual di pasaran sebesar Rp 120 ribu/kg. Masyarakat pun membeludak dan rela mengantre demi mendapatkan daging sapi murah.
Alhasil, daging sapi pun ludes hanya dalam hitungan 3 jam. Padahal PT Agro Boga Utama hari ini menjual sekitar 400 kg daging sapi.
Daging Sapi Rp 70 Ribu per Kg di Pasar Kemendag (Foto: Abdul Latif/kumparan)
"Banyak sekali tadi yang ke sini, mungkin sekitar 200 orang, sekarang hanya sisa daging sapi tinggal 20 kg dan daging kerbau 140 kg," ungkap Manager Marketing PT Agro Boga Utama Uke Umawati kepada kumparan, Senin (4/6).
ADVERTISEMENT
Uke menjelaskan, sejak kiosnya dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB, banyak masyarakat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menyerbu kiosnya. Hari ini, dia menyediakan 800 kg daging yang terdiri dari 400 kg daging sapi dan 400 kg daging kerbau.
Antusiasme yang tinggi dari masyarakat dan PNS disebabkan karena harga jual daging sapi dan kerbau PT Agro Boga Utama sangat murah. Untuk 1 kg daging sapi dijual Rp 77 ribu/kg sedangkan daging kerbau Rp 70 ribu/kg. Dikatakan Uke, untuk program Bazar Ramadhan ini perusahaan akan menjual 3,2 ton daging.
Daging Sapi Rp 70 Ribu per Kg di Pasar Kemendag (Foto: Abdul Latif/kumparan)
"Itu sisanya pesanan orang," kata dia sambil menunjuk daging yang dijual.
Uke menyatakan, perusahaan bisa menjual daging sapi dengan harga murah karena langsung dijual ke konsumen. PT Agro Boga Utama merupakan salah satu importir daging sapi yang diberi jatah impor oleh Kemendag. Sedangkan untuk daging kerbau bermerek Allana, dia mendapatkannya dari Perum Bulog.
ADVERTISEMENT
"Karena kita importir tangan pertama enggak ambil margin banyak. Kita sudah biasa jual harga di bawah Rp 80 ribu," jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan