Dekom GA (Sahala Lumba Gaol
9 Desember 2019 17:38

4 Jabatan Direksi Garuda yang Kosong Diisi Pelaksana Harian

4 Jabatan Direksi Garuda yang Kosong Diisi Pelaksana Harian (127297)
Dekom GA (Sahala Lumba Gaol, Herbert Timbo P Siahaan, Chairal Tanjung dan Eddy Porwanto) bersama Plt Dirut PT GA Fuad Rizal, Senin (9/12). Foto: Dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan secara resmi empat Direktur PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) hari ini. Pemberhentian dilakukan oleh Dewan Komisaris Garuda Indonesia.
ADVERTISEMENT
Selain memberhentikan empat Direktur Garuda Indonesia, Dewan Komisaris juga bakal mengangkat para penggantinya, termasuk Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Operasi dan Plt Direktur Teknik.
I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara dicopot lebih dulu dari jabatannya sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia pada Jumat (6/12) oleh Dewan Komisaris, usai dipecat secara lisan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Kamis (5/12).
Selain Ari, direksi lainnya yang diberhentikan adalah Iwan Joeniarto dari jabatan Direktur Teknik dan Layanan, Muhammad Iqbal dari jabatan Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha, Bambang Adisurya Angkasa dari jabatan Direktur Operasi dan Heri Akhyar dari jabatan Direktur Human Capital.
Dengan dicopotnya kelima direksi tersebut, tersisa dua direktur yakni Fuad Rizal sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko dan Pikri Ilham Kurniansyah sebagai Direktur Niaga. Fuad juga telah diangkat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Garuda Indonesia untuk menggantikan Ari Askhara. Jabatan itu diembannya sejak Jumat kemarin hingga Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia digelar.
ADVERTISEMENT
Untuk menjaga kelangsungan operasional Garuda Indonesia sesuai Anggaran Dasar Perseroan, Dewan Komisaris juga menunjuk Fuad Rizal sebagai Plt Direktur Operasi serta Plt Direktur Teknik dan Layanan. Dengan demikian, Fuad mengemban 3 jabatan sampai dengan penetapan direksi definitif oleh Pemegang Saham.
Sedangkan Pikri Ilham Kurniansyah ditunjuk menjadi Plt Direktur Human Capital dan Plt Direktur Pengembangan Kargo dan Pengembangan Usaha. Sama dengan Fuad, Pikri juga mengemban 3 jabatan untuk sementara.
Selanjutnya Fuad dan Pikri sebagai Plt menunjuk dan menetapkan Pelaksana Harian (Plh) untuk bertindak melaksanakan tugas dan fungsi sesuai bidang masing-masing, yaitu:
a. Capt. Tumpal Manumpak Hutapea sebagai Pejabat Direktur Operasi
b. Mukhtaris sebagai Pejabat Direktur Teknik dan Layanan
c. Joseph Dajoe K Tendean sebagai Pejabat Direktur Kargo dan Usaha
ADVERTISEMENT
d. Capt. Aryaperwira Adileksana sebagai Pejabat Direktur Human Capital