Bisnis
·
22 Mei 2018 7:45

50 Rest Area Sediakan Tempat Top Up e-Toll Saat Mudik, Ini Lokasinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
50 Rest Area Sediakan Tempat Top Up e-Toll Saat Mudik, Ini Lokasinya (54719)
Arus Balik Mudik di Tol Cipali (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Mudik ke kampung halaman melintasi jalan tol pada Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab sekarang seluruh gerbang tol hanya menerima pembayaran menggunakan kartu elektronik (e-toll) alias nontunai.
ADVERTISEMENT
Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, pada mudik lebaran tahun sebelumnya pembayaran tol bisa dilakukan secara tunai. Oleh karena itu, segala cara dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi para pemudik.
“Salah satunya kami siapkan 50 tempat top up e-toll di 11 ruas tol saat arus mudik Lebaran nanti,” kata Herry kepada kumparan, Selasa (22/5).
Adapun alat top up e-toll tersebut disediakan sebanyak 4 unit terletak di Tol Tangerang-Merak, 10 unit di Tol Jakarta-Tangerang, 9 unit di Tol Cikampek-Palimanan, 2 unit di Tol Surabaya-Gempol, serta 1 unit di Tol Pondok Aren-Ulujami.
50 Rest Area Sediakan Tempat Top Up e-Toll Saat Mudik, Ini Lokasinya (54720)
Transaksi non tunai menggunakan kartu e-Toll (Foto: Indrianto Eko Suwarso/Antara)
Kemudian, sebanyak 4 unit alat top up e-toll berada di Tol Cikampek-Padalarang, 5 unit di Tol Padalarang-Cileunyi, 4 unit di Tol Jagorawi, 7 unit di Tol Jakarta-Cikampek, 3 unit di Tol Palimanan-Kanci, serta 1 unit di Tol Kanci-Pejagan.
ADVERTISEMENT
“Kami tempatkan top up e-toll di ruas tol yang dianggap ramai. Kami harapkan ketika masyarakat merasa saldonya mau habis agar isi ulang di rest area,” ujarnya.
Selain itu, Herry mengatakan pemerintah juga menyiapkan 50 tempat top up lain di gerbang tol.yang ada di 22 ruas tol. Kemudian bagi pemudik yang tak mempunyai e-toll, terdapat 150 ribu kartu e-toll perdana yang dijual di sekitar gerbang tol.
“Karena kami sadar waktu mudik Lebaran nanti pasti tol akan lebih padat. Kami lakukan ini untuk memastikan saja supaya arus mudik di tol lancar,” katanya.