6 Bidang Pekerja Migran yang akan Dikirim Lagi Indonesia ke Arab Saudi, Ada ART

12 Agustus 2022 14:01
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi pekerja migran atau TKO Foto:  ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pekerja migran atau TKO Foto: ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
ADVERTISEMENT
Indonesia akan kembali mengirim pekerja migran ke Arab Saudi, termasuk untuk pekerjaan sebagai asisten rumah tangga (ART). Sektor pekerjaan itu dihentikan pengirimannya selama 11 tahun terakhir, setelah ada TKI yang dieksekusi mati Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
Pengiriman kembali pekerja migran ART ke Arab Saudi, dimungkinkan setelah Indonesia dan Arab Saudi menandatangani kesepakatan soal pilot project Sistem Penempatan Satu Kanal. Perjanjian itu ditandatangani Menteri Tenaga Kerja Indonesia Ida Fauziyah dan Wakil Menteri Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Ketenagakerjaan Arab Saudi, Abdullah Abuthunain.
"Indonesia dan Arab Saudi menyepakati Technical Arrangements yang berfungsi sebagai pengaturan teknis pilot project Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK) secara terbatas bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Melalui kesepakatan ini, ada 6 pekerjaan yang dapat ditempati oleh PMI di Arab Saudi," kata Ida Fauziyah.
Menurut Ida Fauziyah, Indonesia mengusulkan beberapa revisi atau perubahan ketentuan dalam naskah Technical Arrangements dan Lampirannya. Terutama ketentuan soal durasi masa berlaku dan area pelaksanaan kerja sama.
Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, menandatangani kesepakatan baru dengan Pemerintah Arab Saudi soal penempatan pekerja migran Indonesia.  Foto: Instagram/@idafauziyahnu
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, menandatangani kesepakatan baru dengan Pemerintah Arab Saudi soal penempatan pekerja migran Indonesia. Foto: Instagram/@idafauziyahnu
Pemerintah menghentikan pengiriman pekerja migran Indonesia ART ke Arab Saudi, karena lemahnya regulasi yang melindungi mereka. Sementara kebutuhan di Arab Saudi untuk pekerja rumah tangga sangat tinggi.
ADVERTISEMENT
Pemerintah Arab Saudi pun intensif melobi Indonesia agar mencairkan kebuntuan kerja sama bidang ketenagakerjaan itu. Hal itu juga pernah diungkapkan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Issam Al-Thaqafi.
“Kementerian terkait berusaha untuk menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin," kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Issam Al-Thaqafi, dalam wawancara khusus dengan Saudi Gazette, dikutip Rabu (22/12/2021).
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Berikut enam jenis pekerjaan yang dibuka untuk pekerja migran Indonesia ke Arab Saudi. Enam jenis pekerjaan ini, secara spesifik diatur dalam perjanjian kerja sama:
1. Housekeeper (ART)
2. Babysitter (Perawat bayi)
3. Family Cook (Juru masak)
4. Elderly Caretaker (Perawat lansia)
5. Family Driver (Pengemudi keluarga)
6. Child Care (Penjaga anak-anak).