Bisnis
·
17 Agustus 2020 8:02

Adu Harga Brompton yang Digemari Pejabat dan Koleksi Sepeda Lokal Jokowi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Adu Harga Brompton yang Digemari Pejabat dan Koleksi Sepeda Lokal Jokowi (481463)
Petugas merapikan kembali barang selundupan sepeda Brompton yang ditemukan di pesawat baru Garuda Indonesia. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Sejak wabah virus corona merebak, masyarakat Indonesia banyak menggunakan sepeda untuk berolahraga hingga pergi bekerja, termasuk para pejabat negara.
ADVERTISEMENT
Brompton menjadi salah satu sepeda yang banyak diburu dan dipakai pejabat hingga bos BUMN. Harganya ada yang lebih dari Rp 50 juta.
Tak mau ketinggalan, Presiden Jokowi juga mengunggah foto sepedanya di Istana Bogor, Minggu (16/8). Kira-kira lebih mahal mana ya harga sepeda Brompton dan koleksi Jokowi?

Sepeda Brompton yang Dipakai Sri Mulyani seharga Rp 30 Juta

Sri Mulyani pernah merasakan duduk di atas sadel sepeda Brompton. Hal ini terjadi saat peringatan Hari Oeang ke-71, pada 28 Oktober 2017 silam. Acara tersebut antara lain dimeriahkan dengan kegiatan sepeda santai.
Saat itu, Sri Mulyani menggunakan sepeda Brompton NYC Edition. Sepeda itu disediakan oleh panitia acara. Harganya sekitar Rp 30 jutaan.
Brompton Mantan Dirut Garuda Ari Askhara Rp 50 Juta
ADVERTISEMENT
Eks Dirut Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ari Askhara Danadiputra atau Ari Askhara dikenal publik suka menaiki Sepeda Brompton. Sepeda Brompton itu juga membuat jabatan Ari Ashkara sebagai bos Garuda harus dicopot.
Ari kedapatan menyelundupkan sepeda Brompton di dalam pesawat baru milik Garuda Indonesia. Kasus itu terungkap, setelah Ditjen Bea Cukai memeriksa pesawat Airbus A330-900 yang baru tiba di hanggar GMF di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (17/11). Harga sepedanya sekitar Rp 50 juta.
Adu Harga Brompton yang Digemari Pejabat dan Koleksi Sepeda Lokal Jokowi (481464)
Jokowi dan koleksi sepedanya. Foto: Instargam/@jokowi
Brompton yang Dilelang Sandi Uno Harganya Ditaksir di atas Rp 60 Juta
Founder Relawan Siaga, Sandiaga Uno, menggelar acara donor darah bertema "Buktikan Merah Putihmu dengan Menyumbangkan Darah Merahmu” pada Selasa (11/8). Di acara itu, Sandi juga melelang sepeda Brompton miliknya.
ADVERTISEMENT
Brompton yang dipunyai Sandiaga diketahui Brompton tipe CHPT3 yang harganya ditaksir di atas Rp 60 juta. "Pokoknya menyumbangkan sepeda gitu deh. Nanti dilelang Pak Sandi sepeda Brompton," ujar Mustika, salah satu panitian acara tersebut.
Salah satu Koleksi Sepeda Jokowi Harga Rp 10 Juta
Sedangkan harga sepeda lokal yang dipamerkan Presiden Jokowi tak semahal Brompton. Dia memamerkan koleksi 3 sepedanya melalui akun Instagram, Minggu (16/8) pagi.
Ketiga sepeda tersebut berjenis sepeda lipat dan sepeda gunung yaitu Kreuz, Polygon, dan Element yang merupakan buatan Indonesia.
Foto Jokowi dengan sepeda Element itu sempat direpost oleh akun Damn I Love Indonesia di hari yang sama. Ternyata sepeda tersebut merupakan kolaborasi antara Element dengan brand tersebut.
ADVERTISEMENT
Dalam situs Element, sepeda itu diberi nama Camp Folding Bike Foldx Lite Edisi Damn I Love Indonesia. Dalam tulisannya, brand itu disebut sebagai bukti kecintaan terhadap NKRI dan mengenang sang proklamator. Harga sepeda itu dibandrol Rp 10.625.000.