Bisnis
·
21 April 2021 10:06

AIAPedia: Ini Bedanya Asuransi Full Proteksi dan Asuransi Unit Link, Sudah Tahu?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
AIAPedia: Ini Bedanya Asuransi Full Proteksi dan Asuransi Unit Link, Sudah Tahu? (221215)
searchPerbesar
Asuransi banyak dipilih sebagai proteksi diri dan keluarga
Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk memiliki rasa tenang dalam menghadapi rencana masa depan, termasuk dalam hal finansial. Banyak produk jasa keuangan yang diminati masyarakat, salah satunya adalah asuransi yang dipilih sebagai proteksi diri dan keluarga.
Nah, dari banyaknya produk asuransi yang ada, terdapat dua jenis produk yang paling sering dibicarakan dan memiliki banyak peminat, yaitu produk asuransi tradisional atau sering disebut juga dengan produk asuransi perlindungan, serta produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi, yang biasa dikenal dengan produk asuransi unit link.
Banyak yang mengira kalau dua produk asuransi ini sama. Padahal, keduanya memiliki beberapa perbedaan yang penting banget diketahui, terutama bagi nasabah pemegang asuransi.
Apa saja bedanya? Yuk, simak penjelasannya menurut Financial Planner, Aidil Akbar, berikut ini:

Produk Asuransi Full Proteksi

Merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan (proteksi) terhadap satu jenis atau lebih risiko, dengan memberikan penggantian atau pembayaran kepada ahli waris/penerima manfaat (untuk manfaat meninggal dunia), atau tertanggung/insured itu sendiri (untuk manfaat proteksi kesehatan).
Premi asuransi yang dibayarkan akan sepenuhnya digunakan untuk menanggung segala kerugian atau hal-hal terkait dengan apa yang diasuransikan, sesuai dengan ketentuan polis.

Program Asuransi Unit Link

Sedangkan unit link adalah produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat proteksi asuransi jiwa yang memiliki nilai investasi. Nilai tersebut bisa sewaktu-waktu berubah tergantung dengan perkembangan pasar modal. Di program ini, premi asuransi yang dibayarkan akan sepenuhnya digunakan untuk menanggung segala kerugian, atau hal-hal terkait dengan apa yang diasuransikan sesuai dengan ketentuan polis.
Jadi pada dasarnya, dua jenis asuransi ini sama-sama memberikan proteksi. Namun, produk asuransi perlindungan hanya memiliki fungsi sebagai pelindung diri. Sementara produk asuransi unit link juga dapat memberikan manfaat perlindungan dan juga nilai investasi.

Manfaat Produk Asuransi Perlindungan & Produk Asuransi Unit Link?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat produk asuransi perlindungan adalah memberikan rasa aman karena adanya proteksi; mengurangi beban pembiayaan terhadap suatu risiko karena meninggal dunia, penyakit, dan risiko lainnya; serta bisa menjadi sarana alokasi dana yang lebih bermanfaat.
Sementara produk asuransi unit link, memiliki manfaat tambahan yakni bisa mendapatkan proteksi asuransi jiwa sekaligus tambahan berinvestasi. Tapi perlu diingat! Investasi ini juga memiliki risiko yang tidak dapat diprediksi karena pengelolaannya bergantung pada kinerja pasar modal.

Mana yang lebih tepat untuk kita?

AIAPedia: Ini Bedanya Asuransi Full Proteksi dan Asuransi Unit Link, Sudah Tahu? (221216)
searchPerbesar
AIAPedia. Foto: AIA Indonesia
Setiap produk asuransi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi, hal pertama yang harus kita ketahui adalah kebutuhan diri akan produk tersebut. Misalnya, apa rencana kita di depan?
Sebelum memilih produk asuransi, jangan ragu juga untuk melakukan riset sebanyak-banyaknya mengenai produk asuransi yang paling tepat untuk kita.
Untuk Anda yang sudah berkeluarga dan masih harus menanggung banyak kebutuhan dan pengeluaran bulanan sementara memerlukan proteksi jiwa yang besar, maka asuransi perlindungan sebagai proteksi lebih cocok untuk Anda. Sementara bila menginginkan proteksi jiwa dan di saat yang bersamaan ada tambahan nilai investasinya, maka asuransi unit link bisa menjadi pilihan.
Namun karena produk unit link mengandung unsur investasi, pastikan Anda telah benar-benar memahami risiko dari investasi tersebut. Jangan lupa juga untuk mempelajari biaya-biaya serta kelebihan dan kelemahan produk tersebut dengan cermat sebelum memutuskan untuk membelinya.
Bagaimana? Bila masih ragu, Anda juga bisa berbincang bersama tenaga pemasar agar semakin yakin dengan produk asuransi yang akan dipilih!
Simak terus informasi terbaru mengenai asuransi di AIAPedia melalui Instagram @aiaindonesia.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan AIA
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020