Airlangga Klaim RI Sukses Hadapi Pandemi COVID-19: Kita Pakai Jalur Beda

5 Agustus 2022 18:26
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto di acara 10 Tahun Forum Pemred, Jumat (5/8/2022). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto di acara 10 Tahun Forum Pemred, Jumat (5/8/2022). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
ADVERTISEMENT
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap kunci sukses Indonesia menghadapi pandemi COVID-19 dan bisa memulihkan pertumbuhan ekonomi nasional.
ADVERTISEMENT
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2022 mencapai 5,44 persen yoy. Catatan positif tersebut menurut Airlangga tak lepas dari bagaimana Indonesia menangani pandemi COVID-19.
"Karena kita tangani COVID-19 dengan jalur berbeda. Arahan Pak Presiden gas rem Indonesia yakni saat engine konsumsi kena, kita dorong industri dan ekspor," kata Airlangga dalam acara 10 tahun Forum Pemred, Jumat (5/8).
Strategi tersebut, kata Airlangga, membuat pertumbuhan ekspor Indonesia meningkat. Pada bulan Juli neraca perdagangan Indonesia surplus USD 5 miliar.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Pada kuartal tahun lalu, ekspor Indonesia juga meningkat dua kali. Untuk itu, Airlangga berterima kasih kepada semua stakeholder yang terlibat dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.
"Dalam situasi krisis hanya ada metode kepemimpinan yaitu 1 komando. Dengan 1 komando, Indonesia keluar dari COVID-19. Bisa memulihkan ekonomi nasional," kata Airlangga.
ADVERTISEMENT
"Ke depan apa yang membuat bangsa kita beda dengan yang lain, game changer kita dalam COVID-19 memang digitalisasi. Tapi the main digitalisasi lebih penting yaitu talenta SDM," umbuh dia.
Airlangga membeberkan, pemerintah selama pandemi COVID-19 yang berjalan 3 tahun ini telah menganggarkan anggaran Rp 1.700 triliun. "Ini angka tidak main-main," pungkasnya.