Bisnis
·
14 September 2020 14:08

Airlangga: Pesan Presiden, Penanganan Corona Pusat dan Daerah Terkoordinasi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Airlangga: Pesan Presiden, Penanganan Corona Pusat dan Daerah Terkoordinasi (41583)
Jokowi dan Airlangga di Pelabuahan Tanjung Priok Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bahwa Presiden Jokowi berpesan pada jajaran di bawahnya agar harus saling mengkoordinasikan penanganan COVID-19 baik di tingkat pusat atau daerah.
ADVERTISEMENT
Hal itu disampaikan Airlangga usai hadir secara virtual dalam rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Senin (14/9).
"Tadi arahan bapak presiden, bahwa pengelolaan penanganan COVID dari segi kesehatan dan pemulihan ekonomi perlu terus dikoordinasikan baik pusat atau daerah ," kata Airlangga.
Bukan tanpa sebab, Airlangga menjelaskan hal itu karena sesuatu yang diputuskan diutamakan untuk kepentingan rakyat, termasuk menangani dampak yang ditimbulkan akibat pandemi ini baik dari sisi kesehatan atau ekonomi sekaligus.
"Keputusan yang menyangkut masyarakat banyak, tentunya diputuskan secara terintegrasi dan ditujukan untuk menurunkan angka yang terdampak dari pada pandemi COVID-19," ujarnya.
Airlangga: Pesan Presiden, Penanganan Corona Pusat dan Daerah Terkoordinasi (41584)
Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto. Foto: Willy Kurniawan/REUTERS
Menurut Airlangga, Presiden Jokowi sebenarnya menginginkan agar untuk menekan angka penyebaran virus corona lebih diutamakan dilakukan di tingkat lokal terlebih dahulu. Sehingga bisa dilakukan secara menyeluruh.
ADVERTISEMENT
"Pak presiden meminta agar pengelolaan dari penurunan angka ini dikelola secara lokal untuk melakukan intervensi juga berbasis lokal," ujarnya.
"Monitoring dan evaluasi secara kedaerahan di daerah di 83.000 desa, RT/TW, untuk terus dapat termonitor," pungkasnya.