kumparan
7 Mei 2019 12:33

Akhir 2019, Semua Penerbangan di Adisutjipto Pindah ke Bandara Baru

Bandara Baru Yogyakarta
Proses pembangunan Bandara Baru Yogyakarta. Foto: Dok. Angkasa Pura I
PT Angkasa Pura I (Persero) akan memindahkan seluruh penerbangan dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta ke Bandar Udara Internasional Yogyakarta (BUIY) Kulon Progo pada akhir tahun ini.
ADVERTISEMENT
Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I ‎Devi Suradji mengatakan, hal itu dilakukan karena kapasitas Bandara Adisutjipto Yogyakarta terbatas untuk menampung permintaan yang ada.
Menurut dia, kapasitas Bandara Adisutjipto Yogyakarta hanya bisa menampung 1,8 juta penumpang. Sementara jumlah penumpang‎ eksisting saat ini ke Yogyakarta telah mencapai 8,4 juta penumpang.
"Pemindahan akhir tahun, semuanya. Yang jelas kalau dari sisi pelayanan saya mengejar sebelum liburan akhir tahun itu harus (dipindah)," ujarnya saat ditemui di BUIY, Kulon Progo, Selasa (7/5).
Dia menjelaskan, nantinya Bandara Adisutjipto hanya akan melayani penerbangan pesawat propeller atau baling-baling. Pun rute yang dibuka hanya berjarak pendek, tidak seperti saat ini yang membuka rute internasional.
"Nanti untuk pesawat-pesawat kecil yang propeller jarak pendek, misalnya entah ke Cilacap kah, atau ke Banyuwangi," beber Devi.
ADVERTISEMENT
Dia menambahkan, pada masa angkutan Lebaran 2019 ini seluruh penerbangan tambahan di Bandara Adisutjipto dipindah ke BUIY. Alasannya untuk mengurangi kepadatan penumpang di Banda‎ra Adisutjipto.
"Yang jelas semua extra flight Lebaran masuknya ke bandara ini, jadi enggak masuk ke Adisutjipto," tegasnya.