kumparan
19 Maret 2019 15:10

Anies Janji Tarif MRT Jakarta Ditetapkan Sebelum 24 Maret

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjajal MRT Fase I Bundaran HI-Lebak Bulus, Selasa (19/3). Foto: Moh. Fajri/kumparan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah berkoordinasi langsung dengan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi terkait tarif Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta yang saat ini masih dibahas. Penentuan tarif MRT Jakarta akan diumumkan sebelum 24 Maret 2019. Rencananya, MRT Jakarta Fase I rute Lebak Bulus-Bundaran HI diresmikan pada 24 Maret 2019.
ADVERTISEMENT
“Tadi saya sudah ngomong juga dengan Pak Pras (Ketua DPRD DKI). Nanti insyaallah diputuskan sebelum 24 (Maret). Ya (24 Maret), tadi Pak Pras juga bilang begitu,” kata Anies di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa, (19/3).
Di lokasi yang sama, pernyataan Anies diamini oleh Prasetyo. Prasetyo memastikan pembahasan persetujuan tarif MRT bisa rampung sesuai dengan target yang ditentukan.
“Sebelum ini (pembahasan tarif) selesai (sebelum 24 Maret),” ujar Prasetyo.
Prasetyo menjelaskan saat ini pihaknya melalui Komisi C memang masih menggodok usulan dari Pemprov DKI mengenai tarif MRT. Ia menyarankan tarif yang disetujui tidak membebankan masyarakat yaitu Rp 1.000 per kilometernya.
“MRT nya realistisnya per kilonya seribu tarifnya. Karena kalau nanti ke depannya pengembangan enggak kaget masyarakatnya. Kita belum punya spend juga. Jadi ya kira-kira di antara harga Rp 14 ribu ke Rp 16 ribu lah, nanti diketok palu,” tutur Prastyo.
Sejumlah warga yang turut dalam uji coba publik MRT Jakarta, Selasa (12/3). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Anies Pastikan Tarif MRT Dihitung Berdasarkan Jarak Anies mengatakan berdasarkan hasil pembahasan, tarif MRT rencananya akan dihitung berdasarkan jarak per kilometer. Sehingga, nantinya tarif akan ditentukan antar-stasiun.
ADVERTISEMENT
"Jadi tarifnya misalnya di Blok M, naik dari Blok M turun Setiabudi beda dengan naik dari Blok M turunnya Bundaran HI. Nah nanti akan ada harga-harga per jarak," kata Anies.
Namun, Anies belum mau memaparkan berapa nominal pastinya. Sebab, ia masih menunggu persetujuan dari DPRD DKI. Anies memastikan besaran tarif MRT akan segera diumumkan.
"Nanti sesudah diketok di dewan. Kurang pantas dari saya menyebut angka sebelum disepakati bersama di dewan," katanya.
"Tinggal disepakati saja. Penghitungannya sudah ada lengkap. Jadi hitungannya rata-rata kira-kira seribu rupiah per km, rata-rata tuh. Jadi nanti kan jaraknya berapa," imbuhnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan