kumparan
29 Juli 2019 22:27

AP II: 9 Tenant di Terminal 3 Soetta Tutup Karena Tunggak Pembayaran

Sejumlah restoran di Terminal 3 Soetta tutup
Sejumlah restoran di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta tutup. Foto: NIcha Muslimawati/kumparan
PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, buka suara terkait tutupnya sejumlah restoran di Terminal 3.
ADVERTISEMENT
Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soetta, Febri Toga Simatupang, mengatakan pihaknya memutus aliran listrik pada sembilan restoran di Terminal 3 Bandara Soetta sejak Kamis (25/7).
Hal ini lantaran kesembilan restoran tersebut menunggak kewajiban pembayaran kepada pengelola bandara.
"Sebenarnya ada sembilan tenant, itu mereka satu konsorsium. Tapi saya enggak bisa bilang mana aja tenant-nya. Mereka menunggak kewajiban kepada kami. Kami putus aliran listriknya sejak Kamis minggu lalu," kata Febri kepada kumparan, Senin (29/7).
Menurut dia, sebelum adanya pemutusan aliran listrik tersebut, pihaknya telah tiga kali mengirimkan Surat Peringatan (SP) agar restoran tersebut membayar kewajiban. Bahkan negosiasi pun sebelumnya telah dilakukan, namun belum membuahkan hasil.
ADVERTISEMENT
"Tentu sebelum diputus, Kamis sudah ada acara kekeluargaan, SP I sampai III, negosiasi, masih belum ada pembayaran," katanya.
Namun Febri memastikan, sore hari ini pihaknya telah kembali menghidupkan aliran listrik kepada sembilan restoran di Terminal 3 Bandara Soetta.
Sejumlah restoran di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta tutup.
Sejumlah restoran di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta tutup. Foto: Nicha Muslimawati/kumparan
Menurut dia, meski belum semua kewajiban dibayar, sudah ada dana yang masuk ke AP II. Sayangnya, Febri juga enggan menjabarkan jumlah kewajiban tersebut.
"Sudah tadi sore, kami pasang lagi aliran listriknya. Ada beberapa pembayaran sudah masuk. Pelunasan sisanya akan dilunasi. Sore tadi sudah buka lagi," jelasnya.
Sebelumnya, sejumlah restoran di Terminal 3 Bandara Soetta keberangkatan domestik hari ini tutup. Beberapa restoran yang tutup tersebut di antaranya Waroeng Kita, Anomali Coffee, Papabunz, dan Hong Tang.
ADVERTISEMENT
"Ada masalah dengan Angkasa Pura II, jadi hari ini tutup," kata salah seorang karyawan Hong Tang yang tak ingin disebutkan namanya kepada kumparan di Terminal 3 Soetta.
Menurut dia, tutupnya sejumlah restoran tersebut tidak dalam waktu yang bersamaan. Ada yang tutup sejak akhir pekan lalu dan ada yang tutup mulai hari ini.
"Ada juga yang buka setengah hari di hari ini. Enggak bareng," tambahnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan