Bisnis
·
19 November 2020 12:31

Apa Benar Anak Muda Enggan Jadi Nelayan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apa Benar Anak Muda Enggan Jadi Nelayan? (46767)
Sejumlah nelayan menaiki perahu di perairan Pantai Kedonganan, Badung, Bali, Selasa (19/5/2020). Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto menjelaskan faktor yang membuat anak muda enggan menjadi nelayan. Padahal sektor perikanan memiliki potensi yang cerah lantaran pasokan bahan baku yang mudah terjangkau.
ADVERTISEMENT
Namun, menurutnya saat ini anak muda cenderung menyukai di bidang teknologi.
"Memang anak muda sekarang beda, tidak mau buka warung, tidak mau buka restoran dulu. Semuanya kan online, semuanya quick money. Sekarang ini lain lagi semua online jadi problem," ungkapnya saat webinar Jakarta Food Security Summit-5, Kamis (19/11).
Selanjutnya, kata Yugi, tidak banyak pelaku usaha di sektor perikanan yang sangat sukses. Hal ini turut membuat anak muda kurang tertarik terjun menjadi seorang nelayan.
"Tidak banyak pelaku usaha besar di industri perikanan yang super sukses seperti Pak Chairul Tanjung seperti dulu, kenapa karena semuanya menengah ke bawah," imbuhnya.
Meski demikian, ia tak mengelak jika saat ini mulai terlihat tren startup di industri perikanan. Seperti layanan makanan siap saji maupun beku.
Apa Benar Anak Muda Enggan Jadi Nelayan? (46768)
Menteri KKP Edhy Prabowo pada penandatanganan Adendum Nota Kesepahaman antara Polri dan KKP, Jakarta, Jumat (7/2). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Edhy Prabowo, mengajak anak muda ambil bagian dalam memajukan sektor kelautan dan perikanan Indonesia. Pihaknya siap memberi bantuan modal dan bimbingan teknis menjalankan usaha perikanan.
ADVERTISEMENT
Hal ini disampaikan Menteri Edhy dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda ke-92. Keterlibatan anak muda menurutnya penting, karena semangat masih tinggi dan mereka penuh kreativitas.
“Di sektor kelautan dan perikanan, kita punya potensi besar baik di tangkap maupun budidaya. Jadi kalau bicara lapangan kerja, di sini banyak sekali. Makanya saya ajak anak muda ambil bagian,” ujar Edhy dalam keterangan resminya, Rabu (28/10).