B20 Indonesia Bantu Pendanaan dan Bimbingan UMKM Perempuan Lewat Platform OGWE

9 Agustus 2022 17:53
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Pimpinan Women in Business Action Council dalam media luncheon B20, Selasa (9/8/2022). Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Pimpinan Women in Business Action Council dalam media luncheon B20, Selasa (9/8/2022). Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan
ADVERTISEMENT
Ketua Business of 20 (B20) Shinta Kamdani menyebut forum ini bertujuan untuk mendorong usaha mikro kecil menengah (UMKM) naik kelas melalui wadah One Global Women Empowerment (OGWE).
ADVERTISEMENT
Rencananya OGWE akan memberikan bantuan pendanaan dan bimbingan kepada seluruh UMKM tanpa terkecuali di seluruh Indonesia, bahkan seluruh anggota G20.
“OGWE sudah mulai, sudah ada B2B perusahaan yang mendukung dan bekerja sama. Ini memungkinkan UMKM Indonesia mendapatkan pendanaan dari luar negeri atau pun sebaliknya," kata Shinta kepada awak media di Patio by Plataran, Jakarta, Selasa (9/8).
Shinta berharap banyak perusahaan baik di dalam maupun luar negeri yang bergabung dengan OGWE. “Kami enggak mau berhenti di sini, maka kita perlu permanent secretariat, sudah ada organisasi yang akan menjadi permanent secretariat,” imbuh dia.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Di sisi lain, Task Force Chair, Woman in Business Action Council (WiBAC), Ira Noviarti mengatakan, kesetaraan gender bukan hanya isu moral yang mendesak tetapi juga menawarkan keuntungan ekonomi yang signifikan. Forum ekonomi dunia melaporkan bahwa GDP global dapat tumbuh dengan tambahan USD 28 triliun, jika perempuan dapat berpartisipasi secara setara sebagai laki-laki dalam ekonomi dunia.
ADVERTISEMENT
“Langkah konkret yang akan dilakukan melalui OGWE dengan mempertemukan orang yang akan memberikan bantuan dan membutuhkan bantuan. Kadang pemberi tidak bertemu dengan supply demand yang sesuai, sehingga dapat dipercepat dengan agenda kami dan dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi global,” jelas Ira.
Nantinya, OGWE direncanakan akan menyatukan kemampuan dan jaringan untuk mempercepat dan meningkatkan inisiatif untuk mendukung bisnis yang dipimpin perempuan dan memberdayakan perempuan di tempat kerja.
OGWE merupakan jembatan untuk menghubungkan upaya pemberdayaan perempuan antara Presidensi G20 dan B20. Saat ini sudah ada 18 perusahaan dalam dan luar negeri yang bergabung dengan OGWE, seperti Unilever, HM Sampoerna, dan Tokopedia.