kumparan
5 Jan 2019 14:16 WIB

Bagasi Berbayar, Lion Air Tak Takut Kehilangan Penumpang

Ilustrasi Maskapai Lion Air. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Lion Air tak khawatir kehilangan penumpang dengan dihapuskannya layanan bagasi gratis 20 kg untuk penerbangan domestik mulai 8 Januari 2019.
ADVERTISEMENT
Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala mengatakan, pihaknya tetap optimistis penumpang akan setia menggunakan maskapai Singa Merah tersebut. Apalagi, saat ini tren bepergian sudah menjadi sebuah gaya hidup di kalangan masyarakat, utamanya para milenial.
"Saya rasa sih enggak ya, kami yakin penumpang masih akan tetap setia. Apalagi tren bepergian untuk bisnis atau traveling, milenial, kami optimistis akan tetap ada," ujar Danang kepada kumparan, Sabtu (5/1).
Dari pengenaan biaya untuk bagasi tersebut, pihak Lion Air sendiri belum menargetkan tambahan pendapatan perusahaan. Menurut Danang, hal itu masih dihitung lebih lanjut.
"Masih kami analisis lebih lanjut berapa ke pendapatan kami," jelasnya.
Simulasi biaya tambahan bagasi Lion Air. (Foto: Dok. Lion Air)
Mulai 8 Januari 2018, Lion Air dan Wings Air akan memberlakukan kebijakan baru terkait bagasi penumpang tujuan domestik. Kebijakan itu akan berlaku mulai 8 Januari 2019 hingga waktu belum ditentukan.
ADVERTISEMENT
"Sebagai informasi, bila penumpang yang sudah membeli tiket sebelum 8 Januari 2019 tetap memperoleh bagasi cuma-cuma 20 kg untuk Lion Air dan 10 kg untuk Wings Air," kata Danang.
Lion Air sebelumnya menerapkan kebijakan gratis bagasi untuk penerbangan domestik seberat 20 kg per penumpang. Sementara, untuk penerbagan Wings Air domestik sebelumnya diterapkan bagasi gratis seberat 10 kg per penumpang.
Dengan adanya kebijakan baru tersebut, barang bawaan penumpang Lion Air dan Wings Air rute domestik yang digratiskan hanya seberat 7 kg per penumpang yang dibawa ke dalam kabin. Barang tersebut juga tak boleh melebihi ukuran 40 cm x 30 cm x 20 cm.
"Penerbangan Lion Air Group juga memberlakukan bahwa beberapa barang yang diikat atau dibungkus jadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan