CPNS, Calon Pegawai Negeri Sipil
26 September 2019 18:58

Bantah BKN, KemenPAN-RB Pastikan Pendaftaran CPNS Dibuka Akhir Oktober

Bantah BKN, KemenPAN-RB Pastikan Pendaftaran CPNS Dibuka Akhir Oktober (455467)
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi (SKD) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS secara serantak. Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memastikan pendaftaran tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibuka akhir Oktober 2019. Untuk penetapan tanggalnya, menunggu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 yang dilangsungkan 20 Oktober 2019.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, pengumuman pembukaan tes CPNS 2019 pada Oktober 2019 dibantah oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Lembaga tersebut menyatakan pihaknya masih menunggu arahan dari KemenPAN-RB sehingga informasi yang beredar hoaks.
"Pengumumannya dibuka Oktober. Oktober setelah (pelantikan presiden dan wakil presiden) sesuai dengan ucapan Pak Menteri. Omongan Pak Menteri yang dipegang," kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja, di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (26/9).
Bantah BKN, KemenPAN-RB Pastikan Pendaftaran CPNS Dibuka Akhir Oktober (455468)
Sejumlah peserta mengikuti tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Tado
Adapun jumlah formasi yang bakal dibuka pada tes CPNS Oktober nanti sebanyak 197.111. Dari jumlah tersebut, sebanyak 159.000 formasi dibuka untuk daerah dan sisanya 37.000 formasi untuk perekrutan CPNS di pemerintahan pusat.
Adapun jenis lowongan tes yang dibuka beragam, mulai dari kesehatan hingga pendidikan. Saat ini pihaknya masih mematangkan formula tersebut.
ADVERTISEMENT
"Formasinya masih lengkap mulai guru, kesehatan, tenaga teknis lainnya. Formasinya belum dikeluarin tapi jumlahnya sekitar 197.111 itu. Kalau pelaksaan tesnya bisa jadi mulai Februari (2020)," ujar Setiawan.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white