Bisnis
·
22 Juli 2021 6:37
·
waktu baca 2 menit

Bantuan di PPKM Level 4: Warteg Dapat Rp 1,2 Juta; Subsidi Pekerja Rp 500 Ribu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bantuan di PPKM Level 4: Warteg Dapat Rp 1,2 Juta; Subsidi Pekerja Rp 500 Ribu (93582)
searchPerbesar
Ilustrasi warteg. Foto: Mela Nurhidayati Syamsiyah/kumparan
Pemerintah menambah lagi sederet bantuan sebagai jaring pengaman sosial seiring berlakunya kebijakan PPKM level 4.
ADVERTISEMENT
Bantuan terbaru, yakni adanya insentif Rp 1,2 juta untuk pedagang warung, warteg, hingga PKL. Selain itu, ada pula bantuan subsidi upah atau BSU sebesar Rp 500 ribu.
Anggaran program Kartu Sembako pun turut ditambah sebesar Rp 7,52 triliun. Berikut rinciannya:

1 Juta Pedagang Warteg hingga Warung Dapat Rp 1,2 Juta

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan pemerintah menyiapkan bantuan khusus buat pedagang warteg hingga pemilik warung. Sebanyak 1 juta pelaku usaha super mikro ini bakal mendapatkan stimulus sebesar Rp 1,2 juta.
"Insentif usaha mikro yang Rp 1,2 juta ini untuk 1 juta usaha mikro kecil. Antara lain warung, warteg kemudian juga terkait PKL," jelas Airlangga dalam virtual conference, Rabu (21/7).
Bantuan di PPKM Level 4: Warteg Dapat Rp 1,2 Juta; Subsidi Pekerja Rp 500 Ribu (93583)
searchPerbesar
Pedagang melayani pembeli di warteg. Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir
Penyaluran bantuan ini nantinya bakal dilaksanakan oleh TNI hingga Polri. Kendati begitu, Menko Airlangga menyatakan bahwa skema hingga teknis penyaluran bantuan masih diatur oleh pemerintah.
ADVERTISEMENT

Pekerja Dirumahkan atau Kena Potong Gaji Dapat Bantuan Rp 500 Ribu

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengungkapkan pemerintah juga menyiapkan bantuan subsidi gaji untuk para pekerja. Rencananya pekerja yang dirumahkan atau kena potong gaji dapat Rp 500 ribu.
"Mekanisme penyaluran bantuan subsidi diberikan kepada pekerja atau buruh sebesar Rp 500 ribu per bulan selama 2 bulan yang akan diberikan sekaligus. Artinya satu kali pencairan dan pekerja akan menerima subsidi Rp 1 juta," kata Ida saat konferensi pers secara virtual, Rabu (21/7).
Bantuan di PPKM Level 4: Warteg Dapat Rp 1,2 Juta; Subsidi Pekerja Rp 500 Ribu (93584)
searchPerbesar
Ilustrasi uang rupiah. Foto: Pixabay
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan sudah menyiapkan anggaran tambahan Rp 10 triliun untuk pekerja. Sebanyak 8,8 triliun dialokasikan untuk BSU bagi 8,8 juta pekerja. Sedangkan Rp 1,2 triliun sisanya merupakan anggaran tambahan buat Kartu Prakerja.
ADVERTISEMENT

Anggaran Kartu Sembako Ditambah Rp 7,52 Triliun

Menkeu Sri Mulyani juga menambah anggaran untuk Kartu Sembako sebesar Rp 7,52 triliun. Alokasi dana ini dikucurkan untuk tambahan peserta sebanyak 18,8 juta keluarga.
"Jadi mereka akan mendapat total 14 bulan kali pembayaran program kartu sembako untuk 18,8 juta keluarga. Artinya 75,2 juta jiwa dengan anggaran tambahan Rp 7,52 triliun sehingga totalnya menjadi Rp 49,89 triliun," ujar Sri Mulyani.
Sebelumnya, pemerintah memberikan dana Rp 200 ribu per bulan per keluarga penerima manfaat untuk 12 bulan. Dengan Pemberlakuan PPKM level 4 di Jawa dan Bali, kata Sri Mulyani, diputuskan tambahan dana untuk dua bulan lagi atau setiap keluarga akan mendapat tambahan Rp 400 ribu.
ADVERTISEMENT