Banyak yang Masih Ragu, Ma’ruf Amin Jamin Investasi di Pasar Modal Syariah Halal

12 April 2022 12:21
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Banyak yang Masih Ragu, Ma’ruf Amin Jamin Investasi di Pasar Modal Syariah Halal (66040)
zoom-in-whitePerbesar
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat hadiri acara apresiasi dan penganugerahan zona integritas secara daring. Foto: KIP
ADVERTISEMENT
Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengakui pesatnya perkembangan pasar modal syariah di Indonesia. Ia mengungkapkan pasar moda syariah saat ini juga semakin dikenal di internasional.
ADVERTISEMENT
Namun, Ma’ruf mengakui di tengah pesatnya perkembangan pasar modal syariah masih ada kekurangan informasi untuk masyarakat. Sehingga masyarakat masih banyak yang menanyakan kehalalan berinvestasi di pasar modal syariah.
“Banyak di antara masyarakat kita masih ragu berinvestasi di pasar modal syariah tentang kehalalannya meski sudah ada fatwa-fatwa yang memberi landasan kehalalannya,” kata Ma’ruf saat acara peluncuran video edukasi pasar modal syariah secara virtual, Selasa (12/4).
“Oleh karenanya saya kerap menyampaikan pentingnya sosialisasi dan edukasi yang intensif untuk meningkatkan literasi masyarakat terutama mengenai kehalalan pasar modal syariah,” tambahnya.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Ma’ruf menegaskan pasar modal syariah halal. Apalagi tidak ada dalil yang mengharamkannya. Ia mengungkapkan investasi yang dilarang menurut syariah adalah mulai dari mendukung riba, spekulatif, hingga manipulatif.
ADVERTISEMENT
“Dengan demikian sebetulnya masyarakat tak perlu ragu lagi untuk berinvestasi di pasar modal syariah karena seluruh transaksi dalam pasar modal syariah sudah sesuai prinsip syariah berdasarkan fatwa DSN MUI,” ungkap Ma’ruf.
Selain itu, Ma’ruf meminta semua pihak di pasar modal syariah terus meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Ia mendorong anak muda juga mulai belajar investasi di pasar modal dengan catatan memahaminya terlebih dulu.
Ma’ruf yakin perkembangan pasar modal syariah Indonesia bakal terus berkembang. Apalagi, jumlah penduduk muslim di Indonesia sangat banyak.
“Melihat besarnya potensi masyarakat muslim Indonesia saya optimis industri pasar modal syariah dapat kita kembangkan bersama-sama baik pertumbuhan investor, kinerja transaksi, maupun inovasi produknya,” tutur Ma’ruf.