kumparan
9 Oktober 2019 10:13

Beli ORI016 di Modalku, Dapat Cashback 10 Persen

Modalku, Reynold Wijaya, Iwan Kurniawan, Co-Founder, CEO Modalku, Chief Operating Officer Modalku
Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya (kiri) dan Co-Founder & Chief Operating Officer Modalku Iwan Kurniawan (kanan). Foto: Elsa Olivia/kumparan
Obligasi negara ritel (ORI) seri ORI016 menjadi ORI pertama yang ditawarkan pemerintah Indonesia melalui platform teknologi finansial (FinTech) online. Kementerian Keuangan menunjuk Modalku, menjadi mitra distribusi di aplikasi FinTech.
ADVERTISEMENT
ORI016 ditawarkan pemerintah mulai 2-24 Oktober 2019. Kali ini, pemerintah menawarkan kupon sebesar 6,8 persen per tahun.
Co-Founder & CEO Modalku, Reynold Wijaya, menyatakan sangat antusias dapat mendukung kegiatan Kementerian Keuangan. "Kali ini melalui penjualan obligasi negara ritel seri ORI016," katanya melalui pernyataan resmi yang diterima kumparan, Rabu (9/10).
Menurutnya, keikutsertaan Modalku dalam penjualan ORI ini menjadi salah satu bukti komitmen sebagai pelaku teknologi finansial, untuk menopang perkembangan ekonomi Indonesia.
Untuk memberi daya tarik kepada masyarakat, Modalku menawarkan Cashback hingga 10 persen (maksimal Rp 100.000) untuk 100 orang pertama pembeli ORI016 di Modalku.
ORI016 merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia sebagai investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Penjualan ORI016 dilakukan secara online dan dapat diakses oleh pengguna Modalku melalui akun pemberi pinjaman mereka.
ADVERTISEMENT
Obligasi ini akan jatuh tempo pada tanggal 15 Oktober 2022 dan memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:
  • Aman karena pembayaran kupon dan nilai nominal yang dijamin oleh negara
  • Kupon bersifat tetap sebesar 6,80% per tahun, dan akan dibayarkan tanggal 15 setiap bulan
  • Bersifat terjangkau, dengan rentang pembelian Rp 1 juta hingga Rp 3 miliar
  • Dapat diperdagangkan di pasar sekunder tanpa ada warkat, sehingga berpotensi mendapatkan capital gain
  • Dapat dipinjamkan dan dijaminkan kepada pihak lain
Ilustrasi investasi di pasar saham
Ilustrasi investasi di pasar saham Foto: Mahardika Argha/Shutterstock
Modalku menyediakan layanan peer-to-peer (P2P) lending, di mana peminjam (UMKM yang berpotensi) bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar. Dana tersebut berasal dari pemberi pinjaman platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital.
ADVERTISEMENT
Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura dan Malaysia di bawah nama Funding Societies Modalku. Pada akhir bulan September 2019, Grup Modalku berhasil mencapai penyaluran pinjaman usaha sebesar lebih dari Rp 9 triliun, di mana kontribusi Indonesia sekitar Rp 5,7 triliun atau lebih dari 60 persen.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan