Bisnis
·
17 April 2021 14:02

Beragam Pilihan THR yang Bisa Diberikan untuk Keluarga: Emas hingga e-Money

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Beragam Pilihan THR yang Bisa Diberikan untuk Keluarga: Emas hingga e-Money (590674)
Kartu Uang Elektronik atau e-Money Foto: Dewi Rachmat Kusuma/kumparan
Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu yang dinanti para pekerja menjelang Idul Fitri. Selain digunakan untuk kebutuhan pribadi, tak ada salahnya keluarga ikut menikmati THR yang kita peroleh.
ADVERTISEMENT
Ada beragam pilihan alternatif untuk memberikan THR kepada keluarga, selain dalam bentuk uang tunai. Berikut kumparan rangkum beberapa pilihan THR untuk keluarga:

Emas

Emas bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memberikan THR. Ada banyak beragam pilihan emas yang bisa dijadikan sebagai pemberian atau hadiah.
Di Antam, harga emas saat ini mencapai Rp 937.000 per gram. Anda bisa memberikan THR berupa emas mulai dari 0,5 gram.
Adapun di tahun ini Antam menawarkan desain emas khusus edisi Lebaran. Namun edisi ini terbatas dan hanya bisa dibeli di butik emas logam mulia Antam.
Beragam Pilihan THR yang Bisa Diberikan untuk Keluarga: Emas hingga e-Money (590675)
Karyawan menunjukan emas batangan yang dijual di Butik Emas Antam, Kebon Sirih, Jakarta. Foto: Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO

Saham

Agar semakin kekinian, uang THR bisa diinvestasikan melalui saham. Nah, Anda juga bisa memberikan saham sebagai ‘salam tempel’ saat Lebaran. Namun, pastikan Anda terlebih dahulu memiliki rekening dana saham (RDN).
ADVERTISEMENT
Caranya, belilah saham yang ingin dijadikan pemberian THR. Setelah sahamnya dibeli, screenshoot dan cetak lot saham yang telah dibeli atau didesain ulang dengan tampilan yang diinginkan. Setelah itu, kamu bisa cetak atau dibingkai, lalu siap diserahkan kepada keluarga.
Jika orang yang kita beri belum memiliki RDN, setelah bukti saham diberikan, orang tersebut diajak untuk membuat RDN, dan setelah itu tinggal melakukan pindah saham atau mengalihkan saham ke rekening efek orang tersebut. Atau jika orang tersebut sudah memiliki RDN, saham yang jadi hadiah THR itu tinggal dialihkan.

Dompet Digital

Selain kedua pilihan di atas, Anda bisa juga melakukan transfer uang THR dalam bentuk dompet digital (e-wallet) seperti Gopay, OVO, Dana, atau LinkAja. Tapi pastikan orang tersebut juga memiliki dompet digital, ya.
Beragam Pilihan THR yang Bisa Diberikan untuk Keluarga: Emas hingga e-Money (590676)
Ilustrasi transaksi dengan uang digital Gopay. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Uang Elektronik

Pilihan selanjutnya untuk memberikan uang THR kepada keluarga adalah dengan memberi uang elektronik, seperti e-Money, Flazz, TapCash, atau Brizzi. Kartu-kartu tersebut bisa kamu beli langsung di bank penerbit.
ADVERTISEMENT
Selain itu, saat ini juga banyak toko online yang menawarkan uang elektronik dengan desain tertentu sesuai keinginan. Pastikan lagi saldo uang elektronik tersebut terisi.