Bertemu Retno Marsudi, Menlu China Minta Proyek Kereta Cepat Selesai Tepat Waktu

3 April 2022 14:07
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Bertemu Retno Marsudi, Menlu China Minta Proyek Kereta Cepat Selesai Tepat Waktu (2388)
zoom-in-whitePerbesar
Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Menlu China Wang Yi, Kamis (31/3/2022). Foto: Twitter/@Menlu_RI
ADVERTISEMENT
Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi mengunjungi Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Tunxi, Provinsi Anhui, pada Kamis (31/3). Pertemuan tersebut untuk membahas komitmen kerja sama kedua negara.
ADVERTISEMENT
Dalam pertemuan itu, Wang meminta kedua belah pihak untuk meningkatkan kerja sama yang lebih besar dengan hasil yang lebih nyata. Salah satu kerja sama yang disinggung Wang adalah proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung agar dapat diselesaikan sesuai jadwal.
“Seperti penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sesuai jadwal dan mendukung perusahaan dari kedua negara dalam melakukan kerja sama produksi dan penelitian vaksin COVID-19,” kata Wang seperti dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (3/4).
Selain itu, lanjut Wang, China juga menyambut lebih banyak impor produk-produk berkualitas tinggi dari Indonesia untuk memastikan perdagangan bilateral berkembang secara seimbang dan sehat.
Wang menilai Indonesia dan China mempunyai kepentingan bersama dan bisa menikmati kerja sama yang saling menguntungkan dan mendalam.
ADVERTISEMENT
“Dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan perubahan besar yang tak terlihat dalam satu abad, kedua negara telah menanggapi tantangan bersama, membuat kemajuan dalam kerja sama politik, ekonomi, budaya, dan maritim,” kata Wang.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sementara itu, Menlu Retno menyambut baik kerja sama Indonesia-China yang selama ini terjalin. Menurutnya hal itu secara signifikan memberikan progres di semua lini.
“China telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia, dengan volume perdagangan bilateral meningkat 54 persen tahun lalu. Indonesia menyambut lebih banyak investasi dari China,” kata Retno.

Luhut Minta Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dikebut

Bertemu Retno Marsudi, Menlu China Minta Proyek Kereta Cepat Selesai Tepat Waktu (2389)
zoom-in-whitePerbesar
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ajak Dubes China untuk Indonesia Lu Kang meninjau proyek KCIC Jakarta-Bandung, Rabu (30/3/2022). Foto: Kemenko Marves
Sebelumnya, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang, untuk meninjau langsung proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang digarap PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).
ADVERTISEMENT
Saat ini, kecepatan pekerjaan konstruksi KCIC adalah 1,6 persen setiap bulan. Luhut minta angka tersebut bisa digenjot jadi 2 persen per bulan agar pekerjaannya bisa lebih cepat.
"Saya minta kepada Dubes Lu Kang untuk membantu komunikasikan kepada kontraktor dari China, bahwa diperlukan adanya percepatan untuk mengejar penyelesaian pembangunan," ujar Luhut seperti tertulis dalam keterangan resminya, Rabu (30/3).
Bertemu Retno Marsudi, Menlu China Minta Proyek Kereta Cepat Selesai Tepat Waktu (2390)
zoom-in-whitePerbesar
Infografik Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Foto: Tim Kreatif kumparan
Rencananya, kereta cepat ini bakal diuji coba pada Februari 2023 dari Stsiun Padalarang sampai Stasiun Tegalluar. Biaya pembangunan proyek ini bengkak dari