kumparan
search-gray
Bisnis24 April 2020 19:54

Bitcoin dan Emas Bisa Jadi Pilihan Investasi di Tengah Wabah Corona

Konten Redaksi kumparan
Bitcoin dan Emas Bisa Jadi Pilihan Investasi di Tengah Wabah Corona (55410)
Bitcoin Foto: Flickr
Investasi Bitcoin dinilai menjadi salah satu investasi yang menjanjikan di tengah pandemi virus corona. Sebab keuntungannya bisa lebih tinggi dari emas.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan Coindesk, satu unit Bitcoin hari ini menyentuh USD 7.765 atau sekitar Rp 120 juta (kurs Rp 15.500). Ini lebih tinggi dibandingkan perdagangan sebelumnya yang hanya USD 7.018. Sementara di awal tahun ini, harga Bitcoin hanya sekitar USD 5.800.
CEO platform teknologi finansial Indodax, Oscar Darmawan, memprediksi harga Bitcoin akan terus meroket di tahun ini. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 saat ini, sejumlah investor lebih memilih menaruh dananya di komoditas kripto tersebut.
“Pasar perdagangan Bitcoin jauh lebih dewasa. Hanya aset berbasis Bitcoin dan emas yang mampu bertahan dibandingkan aset lainnya yang berjatuhan secara drastis dan memerlukan bailout dari pemerintah,” jelas Oscar, Jumat (24/4).
Bitcoin dan Emas Bisa Jadi Pilihan Investasi di Tengah Wabah Corona (55411)
CEO INDODAX, Oscar Darmawan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Oscar memprediksi, harga Bitcoin masih akan meningkat lagi secara bertahap untuk jangka panjang. Selain itu, akan ada momentum halving day tahun ini, di mana suplai Bitcoin akan dikurangi secara bertahap.
ADVERTISEMENT
“Jadi, saya kira ini merupakan waktu yang tepat untuk berinvestasi Bitcoin, khususnya karena banyak platform investasi lain sedang mengalami penurunan cukup besar karena efek corona ini,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur Utama PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim, memprediksi harga emas juga akan terus meningkat di tahun ini.
Menurut Ibrahim, harga emas Antam di tahun ini akan menyentuh Rp 1,3 juta per gram. Ini dengan asumsi kurs Rp 17.000 per dolar AS.
Sebagai acuan, harga emas Antam di akhir Januari 2020 berada di level Rp 774.000 per gram. Sementara hari ini, Jumat (24/4), harga emas mencapai Rp 934.000 per gram.
"Di tahun ini harga emas Antam akan di kisaran Rp 1,2-1,3 juta per gram, ini kemungkinan besar akan tercapai. Ini karena rupiah melemah dan emas internasional kemungkinan besar akan naik juga," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white