Bisnis
·
28 Juli 2021 19:39
·
waktu baca 1 menit

BNI Utamakan Pendampingan ke UMKM, Baru ke Pembiayaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
BNI Utamakan Pendampingan ke UMKM, Baru ke Pembiayaan (689541)
searchPerbesar
BNI UMKM GoDigital. Foto: BNI
Pembiayaan menjadi salah satu persoalan yang dihadapi para pelaku UMKM. Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal, mengakui pembiayaan memang persoalan yang harus diselesaikan untuk membantu pelaku usaha tersebut.
ADVERTISEMENT
Namun, ia menilai persoalan yang tidak kalah penting adalah terkait pendampingan. Iqbal mengungkapkan, pihaknya saat ini lebih mengutamakan pendampingan dibanding langsung menggelontorkan pembiayaan ke UMKM.
“Kami mengutamakan pendekatan pendampingan sebelum pembiayaan. Kenapa penting, karena terlalu banyak persoalan yang dihadapi pelaku UMKM untuk mereka bisa mendapatkan pembiayaan,” kata Iqbal saat webinar yang digelar Artajasa, Rabu (28/7).
“Banyak yang feasible tapi tidak bankable. Inilah kenapa pendampingan jadi lebih penting, BNI masuk ke ini sebelum pembiayaan lebih agresif,” tambahnya.
BNI Utamakan Pendampingan ke UMKM, Baru ke Pembiayaan (689542)
searchPerbesar
Produk UMKM binaan BNI Thiwul Ayu Mbok Sum Foto: Kelik Wahyu/kumparan
Selain pendampingan dan permodalan, Iqbal menjelaskan, tantangan yang harus dihadapi oleh UMKM adalah terkait pasar. Apalagi, pandemi COVID-19 tentu berdampak berat ke UMKM khususnya yang belum merambah online.
Untuk itu, Iqbal mendorong UMKM akrab dengan teknologi termasuk dari segi transaksi. Transaksi UMKM tidak harus selalu memakai cara tradisional tetapi harus merambah cashless.
ADVERTISEMENT
“Ujung-ujungnya kalau transaksinya lebih fleksibel maka pasar akan lebih bisa didorong lebih banyak lagi,” tutur Iqbal.