kumparan
14 Juni 2019 8:26

Bokek Setelah Lebaran, Atur Uang Agar Cukup Sampai Akhir Bulan

Tips Keuangan
Ilustrasi Prinsip Keuangan. Foto: Shutterstock
Momen Lebaran memang tak dipungkiri bisa menguras isi dompet. Meski sudah ada THR (Tunjangan Hari Raya), namun kebutuhan yang harus dipenuhi pun tak kalah besar.
ADVERTISEMENT
Tak elak, setelah lebaran banyak dari kita yang hampir kehabisan uang. Padahal, akhir bulan masih panjang. Nah, bagaimana lantas mengatur keuangan saat bokek agar cukup sampai akhir bulan?
Perencana keuangan dari Finansia Counsulting, Eko Indarto, mengatakan bahwa mau tak mau kita harus berupaya bertahan. Artinya, mengoptimalkan sisa gaji. Maka, mindset perlu diubah untuk merasa cukup.
“Ini bakal cukup, jadi dicukup-cukupkan,” katanya kepada kumparan, Jumat (14/6).
Selanjutnya, kata Eko, pengalokasian kebutuhan juga mesti diperhatikan dengan baik. Utamakan kebutuhan yang mendesak dan penting.
“Bayar dulu kewajiban utang dan bayar tagihan, kemudian alokasikan untuk berbagai kebutuhan pokok dan penting, kemudian baru sisanya untuk keinginan,” paparnya.
Eko juga menekankan, berhemat juga perlu dilakukan. Salah satu upayanya, menempatkan azas manfaat dibandingkan nama brand atau gengsi.
ADVERTISEMENT
"Dari mungkin produknya sangat tergantung merek, sekarang mereknya nomor dua tapi dengan manfaat yang sama,” imbuh dia.
Saat bokek seperti ini, ia juga menyarankan agar pintar-pintar dalam mengakali pengeluaran seperti mencari diskon. Tapi ingat, kata dia, perlu list kebutuhan dulu baru mencari diskon. Bukan sebaliknya, agar tak malah konsumtif.
“Sebelum belanja diskon-diskon kemarin harus dipikirkan jangan belanja karena diskon," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan