Bos Garuda Klaim Sudah Berikan Diskon Tiket Pesawat hingga 50 Persen

1 Maret 2020 12:57
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Bos Garuda Klaim Sudah Berikan Diskon Tiket Pesawat hingga 50 Persen (46367)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. Foto: Reuters/Darren Whiteside
ADVERTISEMENT
Maskapai penerbangan, Garuda Indonesia dan anak perusahaannya, Citilink, mengklaim telah memberlakukan potongan harga tiket hingga 50 persen berlaku mulai hari ini, Minggu (1/3).
ADVERTISEMENT
Diskon tersebut berlaku untuk sejumlah rute yaitu dari dan ke Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Toba (Silangit), Tanjung Pandan dan Tanjung Pinang. Pemberlakuan potongan harga ini merupakan tindak lanjut kebijakan pemberian insentif dari Pemerintah untuk menurunkan tarif penerbangan ke 10 Destinasi Wisata.
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan bahwa Garuda Indonesia Group menyambut baik dan mendukung penuh program kebijakan Insentif yang dicanangkan pemerintah. Sebab pemberian diskon tiket pesawat ini merupakan upaya untuk mengantisipasi dampak wabah Covid-19 terhadap sektor pariwisata nasional khususnya untuk 10 Destinasi Wisata Indonesia tersebut.
“Dukungan Garuda Indonesia Group terhadap program pariwisata di 10 Destinasi wisata yang ditetapkan pemerintah ini juga disertai dengan komitmen untuk berperan aktif mempromosikan program terkait melalui channel yang Garuda Indonesia Group miliki guna mendorong pemulihan sektor pariwisata yang terimbas wabah Covid-19,” ungkap Irfan dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, Minggu (1/3).
ADVERTISEMENT
Menurut Irfan skema pemberian potongan harga tiket ke 10 destinasi wisata dilaksanakan selama 3 bulan kedepan dimulai tanggal 1 Maret hingga 31 Mei 2020, sesuai keputusan pemerintah.
Bos Garuda Klaim Sudah Berikan Diskon Tiket Pesawat hingga 50 Persen (46368)
zoom-in-whitePerbesar
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Foto: Resya Firmansyah/kumparan
Saat ini Garuda Indonesia Group melayani penerbangan dari dan ke 10 destinasi wisata pilihan yang ditetapkan pemerintah. Terkait implementasi kebijakan insentif tiket pesawat, Garuda Indonesia Group akan memberikan potongan harga kepada 25 persen dari total jumlah penumpang dalam penerbangan dari dan ke destinasi tersebut. Sementara potongan harga yang diberikan Citilink capai 50 persen.
“Untuk penerbangan dengan Garuda Indonesia, terdapat sekitar 65.000 kursi per bulan yang dialokasikan untuk diberikan potongan harga,” ujarnya.
Menurut Irfan Setiaputra para pengguna jasa dapat mengakses pemberian potongan harga ini di seluruh channel yang dimiliki Garuda Indonesia Group. Pada Sabtu (29/2), kumparan mencoba melakukan pemesanan tiket pesawat ke salah satu tujuan destinasi tersebut untuk tanggal penerbangan 10 Maret 2020.
ADVERTISEMENT
Seperti di Traveloka, pada Sabtu (29/2) pukul 20.30 WIB, kumparan memesan perjalanan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta ke Bandara Internasional Ngurah Rai Bali untuk 10 Maret 2020, harga yang ditampilkan mencapai Rp 824.000 untuk Citilink dan Rp 1,7 juta untuk Garuda Indonesia.
Saat kumparan kembali mencoba melakukan pemesanan pada Minggu (1/3) pukul 10.00 WIB dengan tujuan dan tanggal yang sama, harga untuk Citilink masih belum ada perubahan, yakni Rp 824.800. Sementara untuk Garuda Indonesia mulai turun, namun hanya menjadi Rp 1,23 juta.
Hal yang sama pun terjadi di Tiket.com. Hanya maskapai Lion Air yang harganya Rp 533.100 dari Soetta ke Ngurah Rai untuk penerbangan ke Bali pada Selasa (10/3). Sementara Citilink dan Garuda Indonesia masih di harga Rp 824.000 dan Rp 1,23 juta.
ADVERTISEMENT
Sementara di Pegipegi harganya lebih murah. Untuk Citilink mencapai Rp 794.800 dan Garuda Indonesia sebesar Rp 1,22 juta di hari yang sama.