BRI Punya Kinerja Cemerlang, Dirut Sunarso Ungkap Strategi Transformasi

13 Mei 2022 21:06
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
BRI Punya Kinerja Cemerlang, Dirut Sunarso Ungkap Strategi Transformasi (58198)
zoom-in-whitePerbesar
Gedung Kantor Pusat BRI. Foto: BRI
BRI Group punya kinerja cemerlang, antara lain ditunjukkan dengan perolehan laba bersih kuartal I 2022 yang mencapai Rp 12,2 triliun atau tumbuh 78,13 persen secara year on year.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama/CEO PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso, mengungkapkan strategi transformasi di balik capaian cemerlang perusahaan yang dia pimpin. Menurut dia, setiap strategi transformasi tidak mudah dan menantang untuk dijalankan.
"Transformasi itu sulit. Tapi enggak ada pilihan, kecuali harus berhasil. Karena kalau gagal, bisa set-back lebih parah," katanya dalam halal bi halal bersama pimpinan media di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Jumat (13/5).
Dari berbagai aspek, kata Sunarso, untuk saat ini dia memilih berfokus melakukan transformasi pada dua hal. Yakni transformasi digital dan transformasi kultural.
Dia memaparkan, transformasi digital menyangkut digitalisasi proses bisnis, dengan target kualitas layanan yang cepat dan efisien. Selain itu, menciptakan model bisnis baru yang inovatif atau belum pernah ada sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Output dari transformasi digital ini antara lain finansial super apps BRImo yang memiliki lebih dari 100 fitur. Selain itu ada BRISPOT, BRI Digital Saving, BRIapi, dan Agen BRILink.
Sedangkan transformasi kultural yang dia jalankan di BRI Group, yakni budaya berbasis kinerja. "Enggak usah ditanya referensi teorinya apa, tapi buat saya budaya berbasis kinerja itu ketika setiap individu di organisasi BRI mampu merancang jalan suksesnya sendiri," ujar Sunarso.
BRI Punya Kinerja Cemerlang, Dirut Sunarso Ungkap Strategi Transformasi (58199)
zoom-in-whitePerbesar
Direktur Utama/CEO BRI Group, Sunarso, di acara halal bihalal bersama pimpinan media Jumat (13/5). Foto: Wendiyanto/kumparan
"Kalau sudah begitu, tugas perusahaan tinggal menyiapkan lapangan tempat berkompetisi setiap individu. Juga menyediakan aturan yang fair, score board atau penilaian. Kalau sudah ketahuan pemenangnya, tugas perusahaan menyediakan penghargaan berupa carrier path dan berbagai insentif," lanjut mantan Dirut Pegadaian itu.
Selain mencatatkan pertumbuhan laba bersih yang melesat di kuartal I 2022, BRI Group juga menunjukkan capaian positif di berbagai indikator keuangan lainnya.
ADVERTISEMENT
Seperti peningkatan aset sebesar 9 persen jadi Rp 1.650,2 triliun; Penyaluran kredit dan pembiayaan tumbuh 7,4 persen jadi Rp 1.075,9 triliun; Sedangkan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 7,4 persen jadi Rp 1.126,5 triliun.
Sementara itu non-performing loan (NPL) turun 0,21 persen jadi 3,29 persen; dan cost of fund turun 0,43 persen jadi 1,97 persen. "Ini sepertinya jadi cost of fund terendah sepanjang sejarah BRI," pungkas Sunarso.