Bisnis
·
24 Februari 2021 13:08

BRI Ventures Luncurkan Program Akselerasi Startup Sembrani-Wira

Konten ini diproduksi oleh kumparan
BRI Ventures Luncurkan Program Akselerasi Startup Sembrani-Wira (130334)
Bank BRI bekerja sama dengan BRI Venture. Foto: Bank BRI
BRI Ventures sebagai perusahaan modal ventura di bawah naungan BRI Group selama ini telah banyak meluncurkan inisiasi untuk mendorong pertumbuhan startup di Indonesia. Namun lebih dari itu, BRI Ventures yakin bahwa masih ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memajukan ekosistem startup tanah air, terlebih dengan semakin banyaknya pertumbuhan startup generasi baru di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Menjawab tantangan tersebut, BRI Ventures bersama dengan perusahaan fintech terkemuka, Fazz Financial Group, dan perusahaan modal ventura, Prasetia Dwidharma, sebagai operating partner, menghadirkan program akselerator Sembrani Wira.
Diambil dari bahasa Sansekerta, वीर (Wira) memiliki arti ksatria. Uniknya kata Wira juga merupakan akar dari kata Wirausaha atau Wiraswasta. Sejalan dengan hal tersebut, program ini diharapkan dapat menjadi cara untuk mengakselerasi ksatria-ksatria digital di Indonesia agar dapat menjadi pemimpin dalam industri digital selanjutnya. Setelah melalui proses pemilihan yang panjang, berikut adalah startup terpilih yang akan ikut di dalam batch pertama dari Sembrani-Wira; GajiGesa, Biteship, MYCL, Cooklab, Gredu, Restock.id, Minapoli, Tumbasin dan Brick.io.
Diharapkan setelah mengikuti program akselerasi ini startup-startup terpilih dapat memiliki marketability yang lebih besar, memperluas network dan jaringan serta berhasil mendapatkan kesempatan pendanaan investasi. Adapun, kegiatan dalam program akselerator ini di antaranya expert class, one-on-one mentoring bersama para ahli di industri, office hour system yaitu kesempatan bagi para peserta untuk berdiskusi dengan team BRI Ventures dan akan ditutup dengan demo day. Semua aktivitas ini dijalankan secara online oleh para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dalam acara pembukaan Sembrani Wira, CEO BRI Ventures, Nicko Widjaja mengungkapkan “Dalam perjalanan ekosistem startup selama 10 tahun terakhir ini terdapat beberapa hal yang dapat kita pelajari, di mana dari pengalaman tersebut, kita melihat bahwa ekosistem startup di Indonesia banyak mengalami perubahan dan semakin mature. Hari ini saya melihat profil para founder sudah jauh berbeda, mereka semakin baik tidak hanya dari sisi eksekusi tetapi memiliki mindset bertumbuh yang tepat jika dibandingkan kurun waktu 6 tahun terakhir. Kami optimistis sekali batch pertama ini merupakan yang salah satu batch terbaik yang pernah kami rintis daripada waktu sebelumnya.”
Pada program ini BRI Ventures juga bekerja sama dengan DailySocial sebagai media partner dan penyedia platform akselerasi. Selain itu para ksatria digital juga mendapatkan bantuan layanan hukum melalui KontrakHukum, AWS credits yang dapat digunakan oleh peserta, dan manfaat menarik lainnya yang dapat membantu mereka mengembangkan bisnis ke tahap yang semakin baik.
BRI Ventures Luncurkan Program Akselerasi Startup Sembrani-Wira (130335)
CEO BRI Ventures Nicko Widjaja. Foto: BRI
Nicko menambahkan, “Dalam Sembrani वीर salah satu hal penting yang menjadi agenda kita adalah membantu para founder tidak hanya mendapatkan product-market-fit, namun go beyond. Diskusi dengan para founder untuk melihat akhir dari perjalanan mereka dan menarik garis ke belakang terhadap apa yang harus dilakukan untuk mencapai setiap tahapan tersebut.”
ADVERTISEMENT
William Gozali, Direktur Investasi BRI Ventures, mengatakan bahwa “Waktu yang terbaik untuk menjalankan akselerator adalah sekarang. Kami melihat selama pandemi, muncul sektor-sektor baru yang terakselerasi, seperti embedded finance, logistik, new retail, dan edukasi. Sembrani-Wira hadir sebagai business partners bagi para startup terpilih yang ikut program ini. Dan kami percaya, dengan pengalaman yang telah kami miliki selama 10 tahun terakhir, kami siap menciptakan ksatria digital baru bagi Indonesia”.
Nicko dan William tentunya tidak asing lagi mengelola program akselerator, keduanya memiliki pengalaman mengelola program akselerator milik Telkom Indonesia pada tahun 2015 hingga 2019, ketika mereka bersama menjalankan MDI Ventures. Fazz Financials merupakan salah satu alumni pada tahun 2017 yang kali ini kembali menjadi stakeholder program Sembrani वीर.
ADVERTISEMENT
“Ekosistem startup di setiap negara memiliki pola pikir yang dinamakan Paying It Forward. Hal ini dapat dilihat ketika Google, Facebook, Amazon, Alibaba dan lainnya percaya terhadap ekosistem tempat mereka berkembang dan melakukan investasi kembali untuk menumbuhkan inovasi yang datang dari para founder yang baru,” lanjut Nicko.
Setelah resmi dibuka pada hari ini, program akselerator Sembrani वीर akan berjalan selama 8 minggu ke depan. Selanjutnya diharapkan startup yang diakselerasi siap menjadi pemimpin digital di Indonesia pada masa depan.

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white