kumparan
30 Mei 2018 18:55

BTN Belum Tentukan Sikap Soal Kenaikan Suku Bunga Acuan BI

Bank BTN
Bank BTN (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Bank Indonesia hari ini kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 2,5 basis poin. Ini merupakan kenaikan yang kedua dalam satu bulan terakhir sehingga suku bunga acuan BI saat ini menjadi 4,75%.
ADVERTISEMENT
Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Maryono mengungkapkan pihaknya belum mengambil keputusan untuk merespons kenaikan suku bunga acuan bank sentral.
“Waktu naik yang pertama, sangat kecil pengaruhnya ke suku bunga dana. Yang kedua ini jadi 4,75% kami belum bisa melihat apakah akan menaikkan suku bunga dana dan suku bunga kredit,” kata Maryono di Menara BTN, Jakarta, Rabu (30/5).
Maryono mengatakan masih akan melihat kondisi pasar Indonesia. Dia juga akan minta pendapat para ekonom untuk mengetahui kondisi pasar secara lebih detail agar tidak gegabah jika memutuskan untuk menaikkan suku bunga dana maupun suku bunga kredit.
“Kami sangat hati-hati dalam menaikkan suku bunga dana maupun suku bunga kredit. Karena kami ingin ada pertumbuhan yang berkelanjutan. Selama 3 tahun ini pertumbuhan kami sangat berkelanjutan antara 19%-20%,” tutupnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan