kumparan
5 November 2019 13:57

Bulog Raih Inovasi Marketing Terbaik di BUMN Award 2019

BUMN Branding & Marketing Award 2019, Bulog
Direktur Utama Bulog, Budi Waseso (kedua kiri) mendapat penghargaan BUMN Branding & Marketing Award 2019 di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (5/11). Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan
Perum Bulog baru saja meraih penghargaan inovasi dan marketing terbaik di BUMN Branding and Marketing Award 2019.
ADVERTISEMENT
Penghargaan yang diselenggarakan BUMN Track serta didukung Arrbey Consulting ini, bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan berkinerja unggul dan berkompetisi di pasar global melalui inovasi di bidang branding dan marketing.
Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan, raihan penghargaan kepada Bulog tak lepas dari transformasi digital yang terus digencarkan. Misalnya toko pangan berbasis digital Panganan.com.
Selain itu, Buwas mengatakan, inovasi pemasaran bahan pangan yang saat ini sedang dijalankan adalah King Market. Caranya, ialah dengan pendayagunaan gudang-gudang Bulog sebagai distribusi penjualan pangan online.
“Sedang merintis, sekarang kita ingin menjadi King Market. Bagaimana sistem penjualan belanja online, tak boleh lagi konvensional. Sekarang Jabodetabek next seluruh Indonesia,” ujar Buwas ketika ditemui di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (5/11).
BUMN Branding & Marketing Award 2019, Bulog, POTRAIT
Direktur Utama Bulog, Budi Waseso mendapat penghargaan BUMN Branding & Marketing Award 2019 di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (5/11). Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan
Buwas menjelaskan, King Market tersebut saat ini dalam proses uji coba yang siap diterapkan di area Jabodetabek. Rencananya, peluncurannya pada bulan ini.
ADVERTISEMENT
“Sekarang sudah dibangun teknologinya, website Panganan.com cikal bakalnya, bisa dilihat pangan jenis apa saja dan model apa saja. Itu masyarakat bisa memilih, dia klik, dengan secepat mungkin bisa kita kirim, angkutan relatif murah dan door to door,” imbuhnya.
Pemimpin perusahaan BUMN Track SH Sutarto menyampaikan, pentingnya perhatian terhadap branding dan marketing ini disebabkan era yang kian berubah. Maka, BUMN sebagai pelat merah pun harus mampu mengikuti dinamikanya.
Mengingat, kekuatan branding merupakan salah satu pilar utama di era industri 4.0 yang persaingannya tidak hanya lingkup nasional tetapi juga global.
“Kami melihat kinerja Branding dan Marketing BUMN sudah jauh meningkat dan operasional pelayanan publiknya pun bersaing di tingkat global. Karena itulah, kami merasa perlu untuk menyertakan aspek Indikator Global sebagai kategori yang dinilai pada tahun ini,” ungkap SH Sutarto di kesempatan yang sama.
ADVERTISEMENT
Pada kategori The Best CMO, Devy Suradji yang menjabat sebagai Direktur Marketing & Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) dinobatkan sebagai The Best CMO BUMN.
BUMN Branding & Marketing Award 2019, Bulog, POTRAIT
Direktur Utama Bulog, Budi Waseso (kanan) mendapat penghargaan BUMN Branding & Marketing Award 2019 di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (5/11). Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan
Sementara The Best CMO Anak Perusahaan BUMN diraih oleh Romulo Hutapea sebagai Direktur Pemasaran PT Pertamina Patra Niaga. Selanjutnya, peraih The Best CMO BUMN Tbk adalah Bambang Rianto, Direktur Operasi II PT Waskita Karya (Persero), Tbk. Dan pemenang The Best CMO Anak Perusahaan BUMN diserahkan kepada Dilo Seno Widagdo sebagai Direktur Komersial PT Perusahaan Gas Negara Tbk.
Dari penilaian korporasi, PT PLN (Persero) sebagai penyuplai kelistrikan nasional yang mengutamakan creative competitive strategy yang andal dan aman dinobatkan sebagai The Best Marketing BUMN. Disusul PT Angkasa Pura I (Persero) yang mengelola 14 bandara di wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur meraih The Best Branding. Sementara PT INKA (Persero) meraih The Best Indikator Global atas keberhasilannya mengekspor gerbong kereta ke beberapa negara secara berkelanjutan.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, peraih The Best Corporate Anak Perusahaan BUMN diterima oleh PT Telkomsel sebagai The Best Branding, PT Infomedia Nusantara sebagai The Best Marketing dan PT Pertamina Lubricants peraih The Best Indikator Global.
Kemudian, penerima The Best Corporate Tbk diraih oleh PT Jasa Marga selaku The Best Branding, PT GMF AeroAsia Tbk sebagai The Best Marketing dan PT Waskita Karya Tbk selaku peraih The Best Indikator Global.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan