kumparan
12 November 2019 12:14

Buwas Beberkan 4 Alasan Bulog Tak Impor Daging Sapi Brasil

BUMN Branding & Marketing Award 2019, Bulog, POTRAIT
Direktur Utama Bulog, Budi Waseso. Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memastikan stok daging sapi di Indonesia sudah cukup. Meski belum bisa mengatakan jumlah totalnya, pria yang akrab disapa Buwas ini memastikan stok daging itu membuat Indonesia tidak perlu impor setidaknya sampai akhir tahun ini.
ADVERTISEMENT
“Kita melihat begini, waktu dan ketersediaan stok daging stok daging sampai bulan Desember sudah cukup, harganya juga stabil. Nah kalau kita impor itu satu kelebihan stok,” kata Buwas di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (12/11).
Kemudian jika kelebihan stok, kata Buwas, bisa mempengaruhi harga daging. Alasan ketiga, Buwas juga memperhatikan para peternak sapi lokal yang memproduksi daging. Keempat, waktu impor sudah tidak memungkinkan lagi.
“Waktu impor sudah tidak memadai karena itu memerlukan waktu paling cepat kalau dari Brazil itu 37 hari sampai 45 hari. Jadi pasti jatuhnya tahun depan sehingga untuk tahun ini dengan prediksi dan pertimbangan tadi tidak mengimpor lagi,” ujar Buwas.
Direktur Utama Bulog Budi Waseso, rapat dengar pendapat (RDP), Komisi IV DPR
Direktur Utama Bulog Budi Waseso. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Meski begitu, Buwas belum bisa memastikan apakah tahun depan Bulog akan mengimpor daging sapi atau tidak. Sebab, pihaknya hanya akan menjalankan penugasan yang diberikan perihal kebijakan impor.
ADVERTISEMENT
“(Tahun depan) Saya kira terserah nanti dari Menteri Perekonomian, kan menghitung lagi dari BPS akan menghitung lagi berapa kebutuhan konsumsi daging, berapa produksi daging di Indonesia,” tutur Buwas.
Sebelumnya, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto bakal mengevaluasi kebijakan impor daging sapi dari Brasil untuk Perum Bulog. Evaluasi dilakukan karena kebijakan yang sudah diputuskan pemerintah ini ditolak Bulog.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan