Bisnis
·
15 April 2021 16:16

CIMB Niaga Targetkan Super App OCTO Mobile Tembus 72 Juta Transaksi Tahun Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
CIMB Niaga Targetkan Super App OCTO Mobile Tembus 72 Juta Transaksi Tahun Ini (411273)
Ilustrasi Bank CIMB Niaga Foto: Shutter stock
Industri perbankan terus melakukan sejumlah transformasi digital. Hal tersebut juga dilakukan oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) melalui pengembangan OCTO Mobile yang dirancang layaknya super app.
ADVERTISEMENT
Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi pun menargetkan, transaksi nasabah yang dilakukan melalui super app ini bisa tembus 72 juta transaksi di 2021.
“Tahun ini kita sudah rata-rata di sekitar 6 juta sampai 6,5 juta transaksi perbulan. Kalau ditanya target sekitar 72 juta sampai 75 juta transaksi tahun ini,” ujar Bambang dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/4).
Adapun menurut Bambang dalam super app OCTO Mobile ini nasabah bisa memenuhi berbagai kebutuhan harian perbankan seperti transfer, membayar tagihan, top-up e-wallet hingga membuka deposito.
Lebih lanjut Bambang menjelaskan transaksi melalui OCTO Mobile juga menunjukkan kenaikan signifikan dalam tiga tahun terakhir, baik dari sisi pengguna maupun jumlah transaksi.
CIMB Niaga Targetkan Super App OCTO Mobile Tembus 72 Juta Transaksi Tahun Ini (411274)
Ilustrasi Bank CIMB Niaga Foto: Shutter stock
Pada 2019, jumlah pengguna OCTO mobile naik 19 persen menjadi 2,6 juta. Sedangkan pada 2020, jumlah pengguna naik 14 persen menjadi 2,97 juta.
ADVERTISEMENT
“Setiap tahun kita tumbuh 50 persen. Di 2019 kita 4 juta transaksi per bulan atau 48 juta transaksi setahun. Lalu di 2020 kita 5 juta transaksi per bulan atau 60 juta transaksi setahun. Itu termasuk transaksi finansial ya seperti top-up atau transfer ke bank lain,” ujarnya.
Adapun untuk mencapai target 72 juta transaksi per tahun, Bambang mengatakan pihaknya telah menyiapkan beragam kiat jitu. Yang pertama yaitu mempermudah nasabah untuk mendaftar di OCTO Mobile. Menurut Bambang, aplikasi ini sudah dirancang sedemikian rupa agar proses download dan registrasinya simpel alias tidak ribet.
Yang kedua, pihaknya juga terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan harian nasabah akan transaksi perbankan. Bahkan tidak hanya layanan perbankan, Bambang mengatakan aplikasi OCTO Mobile ini sudah bersifat beyond banking. Artinya nasabah bisa melakukan transaksi lain seperti membeli tiket pesawat sebab OCTO Mobile sudah bekerja sama dengan Tiket.com
ADVERTISEMENT
Go beyond perbankan. Kita sudah ada fitur travel, dengan Tiket.com. Bahkan kalo punya poin, bisa ditukar tiket,” ujarnya.
Ke depan, Bambang mengatakan pihaknya juga akan berpartner dengan marketplace sehingga memudahkan nasabah dalam belanja online.
“Selain itu, kami akan terus melakukan edukasi terhadap semua fitur yang ada kepada nasabah,” ujarnya.