kumparan
7 Mei 2018 18:46

Citibank Indonesia Raup Laba Rp 584 M di Kuartal I 2018, Turun 14%

Paparan laba dan kredit Citibank Indonesia.
Paparan laba dan kredit Citibank Indonesia. (Foto: dok. Citibank)
Citibank Indonesia mencatatkan laba bersih sebesar Rp 584 miliar pada triwulan pertama tahun 2018. Angka itu turun 14,86% dibandingkan laba di periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 686 miliar.
ADVERTISEMENT
Perolehan laba itu terutama berasal dari pendapatan bunga bersih sebesar Rp 1,05 triliun dan pendapatan berbasis komisi bersih (net fee-based income) sebesar Rp 540 miliar.
Lini bisnis Institutional Banking dan Consumer Banking masing-masing memberikan kontribusi sebesar 55% dan 45% dari keseluruhan pendapatan bunga bersih Bank. Rasio profitabilitas Citibank pada triwulan pertama menunjukkan kinerja yang solid dengan perolehan Return on Asets (ROA) sebesar 3,95% dan Return on Equity (ROE) sebesar 14,31%.
Pada akhir triwulan pertama 2018, portofolio kredit Citibank meningkat 11% dibandingkan triwulan yang sama tahun sebelumnya didorong oleh pertumbuhan kredit pada lini bisnis Institutional Banking. Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 4%, di mana 70% dari DPK Citibank berupa giro dan tabungan. Citibank terus mempertahankan rasio Loan-to-Funding (LFR) yang memadai dan optimal di level 75%.
ADVERTISEMENT
Paparan laba dan kredit Citibank Indonesia.
Paparan laba dan kredit Citibank Indonesia. (Foto: dok. Citibank)
Chief Executive Officer Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi mengatakan, selain fokus pada pertumbuhan, Citibank senantiasa berpedoman pada prinsip kehati-hatian dalam pemberian pinjaman sehingga mendukung perbaikan kualitas kredit. Rasio Non Performing Loan (NPL) bruto dan netto Citibank menunjukkan perbaikan menjadi masing-masing 1,78% dan 0,47%, menurun dibandingkan triwulan I 2017 yang sebesar 2,58% dan 1,06%.
Tingkat permodalan Citibank dengan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) berada di level 25,95% per 31 Maret 2018. Bank berhasil mempertahankan tingkat permodalan untuk menopang pertumbuhan kredit.
“Kami bersyukur dengan kinerja Citibank pada triwulan pertama 2018, dan dengan ini kami menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada para nasabah, mitra bisnis, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya atas kepercayaan mereka terhadap kami,” tutup Batara.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan