kumparan
search-gray
Bisnis20 Mei 2020 19:43

Dalam Skenario Sangat Berat, Pengangguran di RI Bisa Bertambah 5,23 Juta Orang

Konten Redaksi kumparan
Dalam Skenario Sangat Berat, Pengangguran di RI Bisa Bertambah 5,23 Juta Orang (492734)
Potret kemiskinan di Indonesia. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Menaker Ida Fauziah mengakui perekonomian nasional terpukul akibat serangan virus corona yang belum juga berakhir di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Ida mengatakan, banyak lembaga internasional memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia beragam mulai tetap positif sampai minus.
Meski begitu, Ida mengungkapkan, pemerintah sudah mempunyai hitung-hitungan sendiri mengenai pertumbuhan ekonomi ke depan.
“Pemerintah sendiri memprediksi pertumbuhan ekonomi dalam skenario berat masih bisa tumbuh positif sekitar 2,3 persen. Namun jika dalam skenario sangat berat pertumbuhan ekonomi kita diprediksi akan minus 0,4 persen,” kata Ida saat diskusi virtual, Rabu (20/5).
Ida menjelaskan, koreksi pertumbuhan ekonomi itu berhubungan juga dengan jumlah pengangguran di Indonesia. Dalam kondisi berat, kata Ida, pengangguran diproyeksi dapat bertambah hingga 2,92 juta orang. Jumlah itu tentu bertambah kalau kondisinya sangat berat.
“Sehingga 5,23 juta orang (pengangguran) kalau kondisi atau skenario yang sangat berat. Itu kondisinya,” ujar Ida.
Dalam Skenario Sangat Berat, Pengangguran di RI Bisa Bertambah 5,23 Juta Orang (492735)
Seorang pemuda berjalan di atas puing-puing perahu kayu dengan latar gedung di Jakarta Utara, Indonesia. Foto: REUTERS/Beawiharta
Untuk itu, Ida menjelaskan, pihaknya sudah memitigasi dampak yang ditimbulkan tersebut dengan beragam program yang disiapkan. Setidaknya ada 6 langkah dari Kemnaker terkait permasalahan tersebut.
ADVERTISEMENT
Satu, stimulus ekonomi bagi pelaku usaha agar tidak banyak PHK. Kedua, program yang meringankan 56 juta pekerja sektor formal seperti insentif pajak sampai relaksasi pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan. Ketiga, jaring pengaman sosial pekerja sektor informal dengan adanya Bansos dari pemerintah.
Keempat, prioritas Kartu Prakerja bagi pekerja yang menjadi korban PHK. Kelima, memperbanyak program padat karya tunai termasuk yang ada di kementerian lain. Keenam, memberikan perlindungan terhadap pekerja migran.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
*****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white