Bisnis26 April 2020 15:56

Damri Setop Operasional Rute Bandara Soetta

Konten Redaksi kumparan
Damri Setop Operasional Rute Bandara Soetta (755860)
Suasana terminal bis Damri di Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu (6/7) siang. Foto: Andesta Herli/kumparan
Perum Damri menghentikan operasional dari Bandara Soekarno Hatta ke Kota Jakarta, Bandung dan sekitarnya. Kebijakan penghentian layanan angkutan ini diambil lantaran tidak ada lagi penumpang menyusul penutupan penerbangan dalam dan luar negeri.
ADVERTISEMENT
“Setop operasi ke bandara, karena tidak ada pelanggan,” kata Direktur Utama Perum Damri Setia N Milatia Moemin kepada kumparan, Minggu (26/4).
Selain karena tidak ada pelanggan, manajemen perusahaan juga mengikuti aturan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Corona (COVID-19).
Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Damri Nico R Saputra menyatakan jika penutupan ini berdampak pada lini bisnis. Perusahaan mengalami kerugian lantaran tidak ada pemasukan tiket penumpang.
Nico mengungkapkan pendapatan Perum Damri menurun hingga 90 persen. Di sisi lain, ada beban (fix cost) yang harus ditanggung seperti gaji karyawan, premi BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, cicilan kendaraan dan beban lainnya.
ADVERTISEMENT
Perum Damri dengan lini bisnis moda transportasi darat memang menjadi salah satu perusahaan terdampak dari kebijakan social distancing dan physical distancing hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar. Penghentian layanan penerbangan berimbas langsung pada bisnis Damri yang melayani angkutan penumpang di bandara khususnya Soekarno-Hatta.
“Kami berharap pemerintah bisa memastikan stimulus perekonomian yang dijanjikan dapat berjalan efektif agar tidak berdampak pada pemutusan hubungan kerja (PHK),” ujar Nico.
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white