Bisnis
ยท
9 Desember 2019 17:10

Dapat Restu Jokowi, Rudiantara Dipastikan Jadi Dirut PLN

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dapat Restu Jokowi, Rudiantara Dipastikan Jadi Dirut PLN (120237)
Rudiantara. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memutuskan bahwa Rudiantara akan diangkat menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero). Dari 3 nama calon kuat Dirut PLN, Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dinilai sebagai yang terbaik.
ADVERTISEMENT
"Jadi ada tiga (calon) yang diusulkan. (Di antaranya) Rudiantara, Inten (Sripeni Inten Cahyani). Yang terbaik adalah Pak Rudiantara. Kondisi yang dibutuhkan PLN sekarang, kan mengejar (program) 35 ribu MW, kurangi impor solar. Kan Rudiantara sudah lama di PLN. Pak Jokowi kan minta impor harus ditekan terus dan Pak Rudiantara orang yang tepat untuk itu," kata Juru Bicara Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (9/12).
Ia menambahkan, pengangkatan Rudiantara secara resmi tinggal menunggu Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN saja. Dalam RUPS PLN nanti, akan ada perombakan direksi dan komisaris.
Dapat Restu Jokowi, Rudiantara Dipastikan Jadi Dirut PLN (120238)
Rudiantara Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Selain itu, bakal ada jabatan baru, yaitu Wakil Direktur Utama (Wadirut). Namun Arya enggan membeberkan kapan RUPS PLN akan digelar.
ADVERTISEMENT
"Banyak dirombak. Lalu ada Wadirut juga. Tunggu tanggal mainnya," tutupnya.
Rudiantara bukan wajah asing di PLN. Pada 2008-2009, Rudiantara pernah menjadi Wakil Direktur Utama PLN.
Di BUMN kelistrikan ini, Rudiantara punya peran besar dalam pengumpulan dana untuk pembangunan pembangkit listrik 10 ribu Megawatt (MW) alias Fast Track Program (FTP) I pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Ia juga sudah pernah berkiprah di berbagai BUMN. Mulai dari Indosat (yang dahulu berstatus BUMN), Telkomsel, hingga Semen Gresik. Sebagian besar kariernya dihabiskan di industri telekomunikasi.
Lulusan S1 Statistika Universitas Padjadjaran ini pernah menjadi General Manager Business Development Indosat. Setelah bertahan 10 tahun di Indosat, ia pindah ke Telkomsel dan berhasil mencapai level eksekutif. Rudiantara juga pernah menjadi direktur di PT Excelcomindo Pratama Tbk yang kini dikenal sebagai PT XL Axiata Tbk. Sedangkan di Semen Gresik, ia pernah mencicipi kursi Wakil Direktur Utama.
ADVERTISEMENT
Terakhir sebelum diangkat menjadi Menkominfo pada 2014, Rudiantara adalah Komisaris Independen PT Indosat Tbk.
Dapat Restu Jokowi, Rudiantara Dipastikan Jadi Dirut PLN (120239)
Menkominfo Rudiantara tiba di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (10/10). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white