Dari Jam hingga Sepatu, Ini Tips Merawat Barang Koleksi untuk Investasi

1 April 2022 10:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Dari Jam hingga Sepatu, Ini Tips Merawat Barang Koleksi untuk Investasi (42974)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi koleksi jam tangan. Foto: Shutterstock
Bagi sebagian orang, mengoleksi suatu barang merupakan hobi tersendiri. Alasannya beragam, mulai dari kepuasan batin hingga investasi.
Ya, beberapa barang dapat memberikan keuntungan seiring waktu. Jam tangan dan sepatu, misalnya. Bila keduanya mempunyai seri serta desain yang unik, nilainya akan semakin tinggi di mata para kolektor.
Apalagi jika jam tangan dan sepatu tersebut dianggap klasik, punya nilai historis, atau berasal dari edisi khusus —para kolektor tentu tak segan untuk menawarnya dengan harga tinggi.

Cara Merawat Barang Koleksi untuk Investasi

Agar nilainya tidak menyusut, diperlukan perawatan khusus bila hendak menjadikan suatu barang sebagai instrumen investasi. Gunakan wadah penyimpanan yang meminimalisir debu, seperti lemari kaca. Selain dapat menjaga kebersihannya, lemari kaca berisi barang koleksi juga bisa menjadi dekorasi interior rumah Anda.
Jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin agar barang koleksi tetap terjaga kualitasnya. Gunakan alat pembersih sesuai jenis bahan barang tersebut. Untuk sepatu, Anda cukup membersihkannya dengan kain fiber yang basah pada bagian yang terkena noda saja.
Dari Jam hingga Sepatu, Ini Tips Merawat Barang Koleksi untuk Investasi (42975)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi koleksi sepatu untuk investasi. Foto: Shutterstock
Sementara jika Anda mengoleksi jam tangan, bersihkan permukaan jam menggunakan cairan pembersih khusus agar ia tetap mengkilap meski jarang digunakan.
Bila ada suatu ruangan yang tidak terpakai di rumah, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menyimpan barang koleksi. Namun, pastikan daerah sekitar penyimpanan barang kering.
Hindari menaruhnya di suhu yang terlalu tinggi dan rendah, karena temperatur yang berlebihan dapat menurunkan kualitas barang. Pada jam tangan, temperatur ini dapat mengurangi durabilitas mesin serta material jam. Akibatnya, jam bisa saja rusak dan tidak bisa digunakan.
Dari Jam hingga Sepatu, Ini Tips Merawat Barang Koleksi untuk Investasi (42976)
zoom-in-whitePerbesar
Tak hanya mempercantik desain interior, ECOCARAT Plus mampu menyerap saat kelembapan di ruangan meningkat dan melepaskannya saat udara kering. Foto: dok. INAX
Nah, guna menjaga kualitas barang koleksi tersebut, Anda dapat menggunakan INAX ECOCARAT Plus pada dinding ruangan. Tak hanya mempercantik desain interior, produk keramik ECOCARAT Plus dari INAX ini mampu menyerap saat kelembapan di ruangan meningkat dan melepaskannya saat udara kering. Sehingga, pertumbuhan jamur dan tungau bisa diminimalisir.
Dibandingkan moisture control wallpaper, INAX ECOCARAT Plus bisa menghilangkan bau akibat hewan peliharaan, toilet, sampah, rokok, serta aroma lainnya di dalam rumah. Berbagai pilihan desainnya dapat menciptakan ruangan dengan kesan luas dan menyegarkan layaknya di alam.
Dari Jam hingga Sepatu, Ini Tips Merawat Barang Koleksi untuk Investasi (42977)
zoom-in-whitePerbesar
Dibandingkan moisture control wallpaper, INAX ECOCARAT Plus bisa menghilangkan bau yang menyebar di seluruh ruangan. Foto: dok. INAX
Uniknya, INAX ECOCARAT Plus mampu menyerap serta mengurangi zat berbahaya yang mungkin bertebaran di udara. Apalagi jika Anda mempunyai anak kecil di rumah, virus dan bakteri bisa saja menyebabkan penyakit. Nah, INAX ECOCARAT Plus dapat membantu melindungi kesehatan keluarga.
Didesain dengan teknologi Jepang, Anda tak perlu khawatir dengan percikan-percikan air seperti noda teh dan kopi. Itulah sebabnya, INAX ECOCARAT Plus juga cocok digunakan di area kering kamar mandi, ruang keluarga, kamar tidur, hingga ruang makan. Perawatannya pun mudah. Anda dapat menggunakan detergen untuk menghilangkan kotoran yang membandel.
ECOCARAT Plus sudah bisa didapatkan di website resmi INAX melalui tautan ini. Jangan lupa follow Instagram INAX di sini untuk mendapatkan informasi seputar desain interior. Anda juga dapat melihat berbagai desain dan ukuran produk yang disediakan, semuanya dipersonalisasi sesuai keinginan Anda.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan INAX