kumparan
29 November 2019 10:50

Di Hadapan Kadin Jokowi Janji Prioritaskan Swasta, Kemudian BUMN

Video Presiden Jokowi, rapimnas kadin di Bali
Video Presiden Jokowi dalam acara rapat pimpinan nasional (Rapinmas) Kadin di Hotel Westin, Nusa Dua, Badung,Bali, Jumat (29/11). Foto: Denita br Matondang/kumparan
Di hadapan peserta Rapimnas Kadin, Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali berjanji untuk memprioritaskan pengusaha swasta dalam kegiatan perekonomian nasional. Hal ini diungkapkan Jokowi melalui rekaman video, yang ditayangkan di acara Rapimnas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.
ADVERTISEMENT
Video sambutan dan pengarahan itu ditayangkan, karena Jokowi tak hadir di acara yang berlangsung di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Jumat (29/11). Sebagai gantinya, Wakil Presiden Maruf Amin yang membuka acara Rapimnas ini.
“Untuk akselerasi menuju indonesia maju, khususnya ekonomi maju yang berdaya saing dengan berkeadilan, saya sering menyampaikan jika bisa dilakukan oleh swasta pemerintahan memprioritaskan swasta, baru kemudian BUMN. Kalau enggak bisa dikerjakan oleh swasta dan BUMN, baru dikerjakan oleh pemerintah,” kata Jokowi dalam pesannya.
Pernyataan senada, sebelumnya disampaikan Presiden di acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Raffles Hotel, Jakarta, Kamis (28/11). Dia mengingatkan agar BUMN tidak mendominasi sejumlah proyek di Indonesia. Menurutnya, proyek harus mendahulukan pihak swasta.
ADVERTISEMENT
"Saya sampaikan swasta itu berikan terlebih dulu kalau ada peluang, kalau ada kesempatan. Hati-hati, jangan dikit-dikit diambil BUMN," kata Jokowi.
Rapimnas kadin di Bali
Rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Kadin di Hotel Westin, Nusa Dua, Badung,Bali, Jumat (29/11). Foto: Denita br Matondang/kumparan
Dalam acara Rapimnas Kadin, Jokowi menambahkan, kondusivitas ekonomi adalah tanggung jawab semua pihak. Baik swasta, BUMN dan pemerintah.
“Memang membangun ekosistem yang kondusif bagi perekonomian nasional adalah tanggung jawab pemerintah, tanggung jawab kadin, dan tanggung jawab kita semuanya. Untuk itu mari kita bangun ekosistem cipta lapangan kerja, kita bangun ekosistem peningkatan kelas UMKM,” kata Jokowi.
Wapres Ma'ruf Amin, rapimnas kadin di Bali
Wakil Presiden Ma’aruf Amin membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Hotel Westin, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (29/11). Foto: Denita br Matondang/kumparan
Jokowi berharap Rapimnas Kadin ini dapat menghasilkan langkah ekonomi untuk Indonesia maju dan berkeadilan.
“Selamat menjalani Rapimnas sehingga menghasilkan langkah-langkah konkret untuk akselerasi indonesia yang maju dan berkeadilan,” kata dia menutup video sambutannya di hadapan para pengurus dan anggota Kadin.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan