kumparan
8 Oktober 2019 17:20

Dirut Sriwijaya Air Akan Dipilih dari Kalangan Profesional

 Direktur Utama Sriwijaya Air Joseph Adrian Saul
Dirut Sriwijaya Air Joseph Adrian Saul Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Para pemegang saham Sriwijaya Air secara resmi mencopot Joseph Andriaan Saul sebagai Direktur Utama pada Senin (9/9). Joseph merupakan wakil dari Garuda Indonesia.
ADVERTISEMENT
Posisi ini kemudian diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Sriwijaya Air, Jefferson I. Jauwena hingga sekarang. Lalu, sampai kapan jabatan ini akan dilakukan oleh Plt?
Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah mengatakan, Direktur Utama Sriwijaya Air definitif akan segera ditunjuk oleh Garuda Indonesia Group. Posisi tersebut akan diisi oleh kalangan profesional.
“Segera, dirutnya akan kita ganti. Rencana kita tunjuk kalangan profesional, dari luar Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air,” katanya kepada kumparan di Labuan Bajo, NTT, Senin (7/10).
Maskapai Sriwijaya Air
Maskapai Sriwijaya Air Foto: Shutter Stock
Dia menuturkan, alasan ditunjuknya kalangan profesional ini agar tidak menimbulkan kecurigaan. Selain itu, dia juga berharap agar kalangan profesional ini tidak terbawa dengan masalah masa lalu dan bisa menyelesaikan persoalan di tubuh Sriwijaya Air. Pun juga, untuk mengurangi dugaan persaingan yang tak sehat seperti oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).
ADVERTISEMENT
Selain posisi direktur utama, Edwin juga akan menunjuk jabatan komisaris Sriwijaya Air yang kosong dari kalangan profesional. Namun, dia enggan membocorkan siapa kandidat yang dimaksud.
“Salah satunya itu (KPPU). Komisaris nanti akan kita bawa dari orang profesional juga,” katanya.
Dia mengaku, proses penunjukan ini akan dilakukan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS). Berdasarkan rencana, lanjutnya, RUPS ini akan dilakukan sebelum 20 Oktober nanti.
“Yang pasti sebelum tanggal 20 akan kota lakukan RUPS,” tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan