kumparan
7 Januari 2019 8:59

Dolar AS Lengser ke Posisi Rp 14.155

Ilustrasi pergerakan dolar. (Foto: Youtube/Kurzgesagt – In a Nutshell)
Pergerakan dolar Amerika Serikat (AS) terus menurun. Mata uang Paman Sam tersebut kini lengser ke kisaran level Rp 14.100.
ADVERTISEMENT
Mengutip data perdagangan Reuters, Senin (7/1), dolar AS dibuka di Rp 14.265 dan terus turun hingga menyentuh level terendahnya pagi ini ke Rp 14.155. Pagi ini, dolar AS sudah melemah 110 poin.
Estimasi Pergerakan Rupiah dalam Sepekan
Analis dari Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Reza Priyambada dalam risetnya menyebutkan, pergerakan rupiah cenderung mendekati lower bollinger band yang menandakan masih adanya kesempatan untuk kembali bergerak positif. Apalagi jika kondisi global cukup mendukung dengan pelemahan USD seiring merespons pernyataan The Fed yang kana melakukan kebijakan yang fleksibel.
Petugas memperlihatkan pecahan uang dolar dan rupiah di salah satu tempat penukaran mata uang asing/money changer di Jakarta. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Di sisi lain, kondisi dari dalam negeri juga cukup kondusif terutama setelah BI kembali menegaskan akan tetap mengarahkan kebijakan moneter untuk lebih prostabilitas demi menjaga stabilitas inflasi dan nilai tukar rupiah.
ADVERTISEMENT
Empat instrumen lain yakni makroprudensial, pedalaman pasar keuangan, sistem pembayaran dan ekonomi dan keuangan syariah akan disetir untuk lebih pro pertumbuhan yang akomodatif.
Diharapkan pergerakan rupiah masih dapat bertahan untuk tidak melemah dan masih adanya sejumlah sentimen yang masih mendukung penguatan. Tetap cermati dan waspadai berbagai sentimen yang dapat kembali membuat rupiah berbalik melemah. Diperkirakan laju rupiah akan berada pada rentang support Rp 14.365 dan resisten Rp 14.332.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan